Jakarta (ANTARA) - Pebalap veteran Fernando Alonso melihat kritikan yang ia dapati ketika memilih kembali membalap ke Formula 1 sebagai suatu berkah dan hal positif yang turut membantunya bertarung di trek bareng tim Alpine tahun ini.

Alonso sempat meninggalkan F1 selama dua tahun untuk berkompetisi di sejumlah balapan lain.

Ketika kembali ke ajang balap jet darat tahun ini, Grand Prix pertama sang pebalap Spanyol berakhir tanpa finis, kemudian setelah mencetak dua poin masing-masing di Imola dan Portimao, ia finis P17 di Spanyol dan P13 di Monako.

Perubahan terhadap mobil Alpine A521 telah membantu sang juara dunia dua kali itu kembali kompetitif dan saat ini ia finis dengan poin di enam balapan beruntun.

Baca juga: Inovasi tim Alpine jadi pusat perhatian di tes Bahrain

Kepada media Spanyol SoyMotor.com, Alonso mengira ia bisa beradaptasi dengan mobil lebih cepat.

"Saya tahu ini adalah proses adaptasi," kata Alonso seperti dikutip laman resmi F1, Selasa. "Saya kira bakal lebih cepat, karena F1 adalah hal alamiah bagi saya dibandingkan dengan WEC, Reli Dakar, atau Indianapolis (500), dan saya kira saya bisa mencapai 100 persen dengan cepat.

"Monako misalnya. Saya kira itu bakal jadi sirkuit yang baik bagi saya, tapi saya tersingkir di Q1. Ini mengecewakan.

"Kritik dan komentar yang dibuat... bukannya saya menyukainya, tapi mereka adalah suatu berkah," kata Alonso.

Baca juga: Alonso raih poin pertamanya setelah Raikkonen kena penalti di Imola

Sang pebalap Spanyol mengungkapkan bisa melihat sisi positif dari kritikan-kritikan yang dilayangkan kepadanya.

"Karena saya tahu ini hanya soal waktu sebelum orang-orang mulai mengapresiasi jika saya finis balapan di posisi kesepuluh," dia melanjutkan.

"Apabila saya selalu berada di depan (Esteban) Ocon, bila saya selalu finis dengan poin, mereka (pengkritik) akan pastinya mengatakan apa yang sama di sepanjang karier saya, yaitu bahwa rekan satu tim saya tidak berada di level yang sama dan mobil saya memiliki lebih banyak potensi.

"Kemudian, apabila tiba-tiba mereka mengira saya telah selesai, semua yang saya capai diapresiasi lebih banyak. Beberapa balapan tidaklah hebat, seperti Prancis misalnya, di mana saya finis kesembilan.

Baca juga: Alonso bersimpati kepada Russell setelah curi poin di GP Austria

"Itu balapan yang baik, tapi tidak spesial. Tapi itu dianggap sebagai performa yang super karena saya mulai menjalani balapan dengan baik kembali. Itu hal yang baik."

Alonso terkini finis P4 di Hungaria, yang menjadi hasil terbaiknya sejauh musim ini, di saat rekan satu timnya, Esteban Ocon mengklaim kemenangan perdana dalam kariernya.

Tren performa positif Alonso dan konsisten mencetak poin telah membawa Alpine ke peringkat lima klasemen, di atas AlphaTauri.

Baca juga: Juarai GP Hungaria, Ocon klaim kemenangan perdana di F1
Baca juga: Langgar aturan bahan bakar, Vettel kena diskualifikasi di GP Hungaria
Baca juga: Hamilton curiga terkena efek berkepanjangan Covid-19