Jakarta (ANTARA) - Ajang Formula 1 musim 2023 memasuki balapan seri kesepuluh yang pada akhir pekan ini berlangsung di Red Bull Ring, Spielberg, Austria.

Pebalap tim Red Bull Max Verstappen mengokohkan dirinya di puncak klasemen pebalap menyusul kemenangan di Kanada.

Sang pebalap Belanda kini mengantongi total 195 poin untuk menjaga jarak 69 poin dari rival terdekat sekaligus rekan satu timnya, Sergio Perez.

Dalam klasemen konstruktor, Red Bull memegang kendali dengan 321 poin, mengungguli Mercedes dan Aston Martin.

Sirkuit Red Bull Ring
Panjang lintasan: 4,318km
Rekor lap tercepat: 1:05,619 (Carlos Sainz, McLaren, 2020)
Jarak balapan: 71 putaran atau 306,452km
Pemenang Grand Prix Austria 2022: Charles Leclerc (Ferrari)
Lap tercepat 2022: Verstappen (Red Bull, 1:07,275)
Kualifikasi tercepat 2022: Verstappen (Red Bull, 1:04,984)
Pemenang sprint 2022: Verstappen

Dengan tiga lintasan lurus yang mendominasi paruh awal dari lap balapan sebelum menuju sejumlah tikungan berkecepatan sedang dan cepat, Sirkuit Red Bull Ring benar-benar memaksimalkan ukurannya yang relatif pendek.

Baca juga: Verstappen tak ingin berpuas diri setelah samai rekor Senna di F1

Sirkuit yang berada di tengah lembah pegunungan Alpen di wilayah Styria itu akan kembali menjadi arena balap sprint pada Sabtu sebelum balapan utama Grand Prix Austria pada hari berikutnya.

Oleh karena itu, tim dan pebalap memiliki hanya satu sesi latihan sebelum kualifikasi pada Jumat dan balapan sprint pada esok harinya, yang berarti sempitnya jendela waktu untuk menemukan setelan yang pas untuk tunggangan mereka.

Catatan resmi FIA menunjukkan pole position tidak menawarkan keuntungan yang banyak di Spielberg. Sejauh ini hanya ada sembilan kemenangan yang diraih pebalap yang start terdepan di Austria dalam 18 balapan terakhir di sana.

Namun, hanya satu kali balapan dimenangi oleh pebalap yang start di belakang dua baris terdepan yaitu ketika David Coulthard naik podium teratas di Spielberg pada 2001 dari posisi start ketujuh.

Verstappen memiliki kesempatan menjadi pebalap paling sukses dalam sejarah GP Austria setelah meraih tiga kemenangan, semuanya ia raih bersama Red Bull, masing-masing pada 2018, 2019, dan 2021, yang menyamai kesuksesan Alain Prost.

Verstappen telah menjadi pebalap paling sukses di Red Bull Ring karena ia juga memenangi GP Styria pada 2021.

Baca juga: Red Bull waspadai peningkatan Mercedes di F1

Selain Verstappen, tiga pebalap lainnya di grid saat ini pernah merasakan kemenangan di Austria. Mereka adalah Lewis Hamilton (2016/Mercedes), Valtteri Bottas (2020/Mercedes), dan Charles Leclerc, yang memenangi balapan tahun lalu bersama Ferrari.

Soal jumlah kemenangan, Ferrari dan McLaren sama-sama mengantongi enam kemenangan di GP Austria. Mercedes memiliki peluang menyamai capaian itu setelah lima kali menang di GP Austria sejak balapan itu kembali ke kalender pada 2014.

Red Bull Ring juga menggelar GP Styria pada 2020 dan 2021, keduanya berlangsung satu pekan berselang setelah GP Austria ketika musim kompetisi terganjal pembatasan karena pandemi.

GP Austria sendiri untuk pertama kalinya masuk ke kalender F1 ketika berlangsung di sirkuit bekas lapangan udara Zeltweg.

Balapan itu dipindah ke Spielberg dan Osterreichring pada 1970 dan rutin digelar tiap tahunnya hingga 1987.

Pada 1997, GP Austria kembali masuk kalender dan bertempat di A1-Ring hingga 2003 sebelum sirkuit tersebut berganti nama menjadi Red Bull Ring yang menjadi venue baru mulai 2014 silam.

Baca juga: Russell: Pembaruan teknis bisa bawa Mercedes makin ungguli Ferrari

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023