Jakarta (ANTARA) - Pemimpin tim Mercedes Toto Wolff mengakui adanya masalah teknis pada mobil W15 yan dikendarai oleh Lewis Hamilton dan George Russell saat melakoni rangkaian balapan Grand Prix Amerika Serikat di Austin, akhir pekan lalu.

“(Masalah) 100 persen (dikarenakan) mobil. Saya pikir bahkan (Hamilton dan Russell) tidak memacu (mobil) pada tahap itu (menyebabkan kecelakaan),” ungkap Wolff, dikutip dari laman resmi Formula 1, Rabu.

Adapun Hamilton kehilangan kendali atas mobil W15-nya hanya dalam tiga putaran pada balapan utama di Circuit of The Americas, menyebabkannya tidak berhasil menyelesaikan balapan (DNF) untuk pertama kalinya musim ini sejak GP Belanda.

Pun dengan Russell yang mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi, satu hari sebelumnya, terlepas dari Russell yang berhasil memperbaiki performanya pada balapan utama.

Baca juga: Wolff janji evaluasi insiden "kurang bobot" George Russell

“Kami telah melihatnya (di kualifikasi) dengan George, yang mungkin terlalu memacu (mobil) tapi tiba-tiba saja kehilangan kendali dan menabrak dinding,” kata Wolff.

“Kami benar-benar mendapat masalah. Kami tidak tahu apakah (masalah Hamilton) sama dengan yang dialami (Russell),” ujarnya menambahkan.

Wolff juga menyampaikan pendapatnya tentang penalti waktu lima detik yang dijatuhkan kepada Russell atas insiden dengan Valtteri Bottas (Kick Sauber).

“Saya pikir (insiden) dengan Valtteri itu bahkan bukan sebuah balapan,” kata Wolff singkat.

Di sisi lain, Mercedes tetap berada di posisi keempat dalam klasemen konstruktor dengan lima putaran tersisa musim ini. Tim Inggris itu terpaut 152 poin di belakang Ferrari yang berada di posisi ketiga, dan unggul 258 poin di atas Aston Martin yang berada di posisi kelima.

Baca juga: Hamilton ungkap caranya bangkit dari keterpurukan
Baca juga: Antonelli tidak ingin dilihat sebagai pengganti Hamilton di Mercedes