Jakarta (ANTARA) - Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPR RI Jazuli Juwaini memastikan seluruh anggota fraksinya akan menghadiri Sidang Paripurna dengan agenda Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024—2029.

"Pasti hadir semua. Kalau enggak hadir, kemungkinan dia di rumah sakit. Kalau ke luar negeri, saya sudah tidak izinkan untuk pelantikan, keluar kota pun, bahkan yang hari Jumat ada di Jakarta, enggak boleh pulang kampung dahulu karena kami takut nanti ada pesawat delay-lah, apalah begitu," kata Jazuli ditemui sebelum acara dimulai di Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu.

Untuk itu, bila ada anggota Fraksi PKS yang sekiranya berhalangan hadir pada acara pelantikan hari ini lantaran kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan.

"Jadi, kalau ada yang kurang, itu pasti dia lagi dirawat di rumah sakit karena 100 persen kami sudah suruh minta hadir, menghadiri acara pelantikan Pak Prabowo," ucapnya.

Jazuli menggarisbawahi bahwa kehadiran seluruh anggota Fraksi PKS pada agenda lima tahunan tersebut sebagai wujud kekompakan dan dukungan penuh pada pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang.

Ia berharap agenda pelantikan akan berlangsung lancar. Setelah resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024—2029, Prabowo-Gibran dapat penuhi janji kampanyenya secara baik.

"Dengan didukung oleh Partai Koalisi KIM plus, dan PKS termasuk di dalamnya," kata dia.

Baca juga: SBY dan tamu undangan mulai tiba di Gedung Nusantara hadiri pelantikan
Baca juga: Prabowo akan hadir ke pelantikan didampingi keluarga inti


Berdasarkan jadwal, agenda pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian mengheningkan cipta.

Selanjutnya, Sidang Paripurna dalam rangka Pelantikan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Hasil Pemilu 2024 menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024—2029 dibuka oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

Berikutnya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka membacakan sumpah jabatan, lalu penandatanganan dan penyerahan berita acara pelantikan.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang hadir dalam sidang paripurna itu kemudian bakal bertukar tempat duduk dengan Prabowo dan Gibran setelah prosesi pelantikan selesai.

Acara dilanjutkan dengan pidato pertama presiden ke-8 Republik Indonesia Prabowo Subianto.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka akan mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa bakti 2024—2029 dalam Sidang Paripurna MPR RI di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Jakarta, Minggu.

Sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.