Banjarbaru, Kalsel (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengenalkan kesenian dan kebudayaan lokal kepada sejumlah pelajar di Kota Banjarbaru melalui program Gerakan Seni Masuk Sekolah (GSMS).

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Provinsi Kalsel Raudati Hildayati di Banjarbaru, Jumat, mengatakan GMSM sebagai upaya memberikan pembelajaran lebih dalam mengenai kesenian Kalsel kepada pelajar SMKN 1 Banjarbaru.

“Hal itu untuk memperkuat karakter para peserta didik serta sebagai upaya pelindungan, pemanfaatan dan pengembangan budaya daerah terutama budaya Banua,” kata Raudati.

Baca juga: Pemprov Kalsel sasar pelajar untuk pelestari wayang kulit Banjar

Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Provinsi Kalsel D Sunjaya Adhiarso menambahkan bahwa pemberian materi seni rupa, antara lain kriya logam, kriya keramik, desain dan produk kreatif kriya itu selama dua pekan sejak awal Oktober 2024.

Sunjaya mengungkapkan pihaknya menghadirkan pemateri Seniman/Perupa Muslim Anang Abdullah, Guru Kriya Logam Endro Budi Raharjo, Guru Kriya Keramik Bejo Santoso, dan Guru Desain Produk Kreatif Kriya R. Sri Widodo.

"Kami berharap program ini dapat menambah wawasan siswa terhadap seni yang dipelajari dan menumbuhkan kreativitas, serta inovasi," katanya.

Baca juga: Pemprov Kalsel jelajah cagar budaya Gua Liang Bangkai dengan pelajar

Disdikbud Provinsi Kalsel juga mengadakan GSMS bagi pelajar SMAN 3 Banjarbaru berupa Seni Tari Kalimantan Selatan guna mengembangkan potensi estetika, bakat, dan kreativitas.

“Dengan harapan dapat menjaring pelajar yang berbakat untuk mengikuti kompetisi nasional salah satunya adalah FLS2N,” tutur Sunjaya.

Disdikbud Provinsi Kalsel mengundang pemateri Seniman Tari Samuel Rio Aldrianto dan Guru Seni Budaya Rhony Arifin.

Baca juga: Empat pemuda Kalsel terpilih ikuti paduan suara Gita Bahana Nusantara

“Hasil dari pembelajaran nantinya mereka akan ditampilkan pada Pekan Kebudayaan Banua 2024 di Lapangan Murdjani pada akhir Oktober,” ucap Sunjaya.