Jakarta (ANTARA) - Donovan Mitchell menaruh fokus untuk membawa timnya, Cleveland Cavaliers, meraih gelar NBA di musim depan setelah dia mementahkan spekulasi kepindahannya ke New York Knicks dengan perpanjangan kontrak baru.

"Ini perasaan yang melegakan. Saya bisa bernapas lega sekarang," ujar Mitchell dalam pernyataan pertamanya setelah perpanjangan kontraknya, dikutip dari laman NBA.

Mitchell, yang sebelumnya diisukan ingin bermain di kampung halamannya, New York, kini menegaskan komitmennya pada Cleveland.

"Saya mencintai kota ini," katanya.

Dengan perpanjangan kontrak tersebut, Mitchell memastikan dirinya tidak akan ke mana-mana dalam waktu dekat, dan segala rumor seputar masa depannya telah sirna.

Baca juga: Cleveland Cavaliers datangkan Donovan Mitchell dari Utah Jazz

Sejak bergabung dengan Cavaliers pada 2022 setelah transfer dari Utah Jazz, Mitchell langsung merasa cocok dengan atmosfer kota dan para penggemarnya. Meski harus menghadapi musim dingin yang keras, ia mengaku dapat menyesuaikan diri dan bahkan bercanda bahwa ia bisa "berpakaian lebih baik saat cuaca dingin."

Bersama pemain inti yang masih muda yang solid, Mitchell menjadi elemen kunci dalam upaya Cavaliers kembali ke perebutan gelar juara NBA. Meski banyak yang meragukan komitmennya, terutama setelah beberapa cedera yang dialaminya di musim lalu, Mitchell memastikan bahwa dirinya berada di posisi yang tepat, baik secara fisik maupun mental, untuk membawa Cavaliers ke level berikutnya.

"Ini media day pertama saya dalam tiga tahun terakhir di mana tidak ada yang bertanya apakah saya akan pergi," ujar Mitchell, yang kerap harus menghadapi pertanyaan mengenai masa depannya musim lalu. "Bukan hanya saya yang lelah, tapi juga rekan-rekan tim saya."
Pebasket Cleveland Cavaliers Donovan Mitchell (45) memasukkan bola ke keranjang Washington Wizards dalam pertandingan lanjutan NBA di Rocket Mortgage FieldHouse, Ohio, Amerika Serikat, Sabtu (18/3/2023). Cleveland Cavaliers berhasil mengalahkan tim tamunya Washington Wizards dengan skor 117-94. ANTARA FOTO/Reuters-USA TODAY Sports/Ken Blaze/nym.
Baca juga: Donovan Mitchell meledak cetak 71 poin kala Cavaliers atasi Bulls

Mitchell menyebut tekanan tersebut kini telah hilang. "Sekarang, yang terpenting adalah ekspektasi untuk mencapai hal-hal besar. Menandatangani kontrak bukanlah tujuan akhir, tapi awal dari perjalanan kami."

Memasuki musim kedelapannya, Mitchell semakin cermat dalam menjaga kebugaran. Ia kini bekerja dengan koki pribadi dan memberikan waktu lebih banyak untuk memulihkan tubuhnya setelah mengalami cedera lutut dan betis musim lalu.

Dengan roster yang sama namun di bawah asuhan pelatih baru, Kenny Atkinson, Mitchell siap menghadapi tantangan musim ini. Atkinson, yang dikenal akan dedikasinya, bahkan menghubungi Mitchell di tengah malam saat Olimpiade untuk mendiskusikan taktik.

"Kami sudah saling terhubung. Dedikasi yang dia tunjukkan luar biasa," ujar Mitchell.

Baca juga: Mitchell cetak slam dunk sensasional bawa Cavaliers menang atas Nets