Jakarta (ANTARA) - Manchester United terkenal dengan banyaknya pemain yang berasal dari akademi mereka dan berhasil menjadi bintang di tim utama. Salah satunya adalah Kobbie Mainoo, yang meskipun usianya masih terbilang muda yaitu 19 tahun dia sudah menunjukkan bakat luar biasa dan menambah panjang daftar talenta lokal yang dihasilkan oleh klub ini.

Kobbie Boateng Mainoo, yang lahir pada 19 April 2005 adalah seorang pesepakbola profesional asal Inggris yang bermain sebagai gelandang untuk klub Premier League, Manchester United dan tim nasional Inggris.

Mainoo memulai kariernya di klub junior Cheadle & Gatley sebelum bergabung dengan tim U18 Manchester United pada tahun 2021. Selama bermain di U18 Premier League, dia mencatatkan 28 penampilan dan kemudian melanjutkan ke PL2 dengan 17 penampilan dari tahun 2020 hingga 2023. Kemampuan teknisnya di lapangan membuatnya bersinar di posisi gelandang (midfielder).

Di tahun 2022, Mainoo memainkan peran penting dalam perjalanan tim U18 menuju final FA Youth Cup, di mana dia mencetak dua gol termasuk satu gol yang dicetak dengan kepala di Old Trafford melawan Everton. Timnya berhasil meraih trofi tersebut setelah satu dekade, dengan Mainoo membantu mengalahkan Nottingham Forest di final.
Kobbie Mainoo (AFP/Ben Stansall)


Setelah tampil mengesankan untuk tim U21, Mainoo akhirnya dipanggil ke tim senior Manchester United. Dia duduk di bangku cadangan untuk pertama kalinya dalam pertandingan melawan Newcastle pada 16 Oktober 2022.

Mainoo membuat debut penuh yang mengesankan di Liga Premier melawan Everton dan segera menjadi bagian dari susunan pemain utama Erik ten Hag. Dia berhasil mencetak gol pertamanya untuk United di Emirates FA Cup melawan Newport County pada Januari 2024 dan mengikuti dengan gol dramatis di menit akhir melawan Wolverhampton Wanderers, yang kemudian dinobatkan sebagai Gol Terbaik Bulan itu di Premier League (Premier League Goal of the Month).

Mainoo juga mulai masuk dalam skuad tim nasional Inggris. Dia mendapatkan kesempatan pertamanya untuk membela negara pada bulan Maret 2024 dan mencatatkan penampilan perdana saat melawan Brasil di Wembley. Setelah penampilan luar biasa di final FA Cup melawan Manchester City, dia terpilih untuk skuad Euro 2024 dan memulai semua pertandingan knockout saat Inggris melaju ke final turnamen besar di luar negeri untuk pertama kalinya.

Baca juga: Kobbie Mainoo berharap bisa bela timnas Inggris di EURO 2024

Baca juga: Mainoo mendapat panggilan perkuat timnas Inggris untuk pertama kalinya

Baca juga: Erik ten Hag puji kualitas pemain muda Manchester United