Jenewa (ANTARA News) - Diplomat Brazil, Roberto Azevedo, mulai bertugas sebagai direktur jenderal keenam WTO, Minggu. Azevedo diangkat untuk masa jabatan empat tahun oleh Dewan Umum WTO pada 14 Mei 2013 setelah melalui tiga putaran seleksi, menggantikan Pascal Lamy.


Lamy dari Prancis, yang mengundurkan diri pada 31 Agustus, telah menjabat dua periode berturut-turut.

Dewan Umum akan mengadakan pertemuan khusus pada 9 September untuk menyambut direktur jenderal baru dan mendengarkan pidato pengukuhannya, kata WTO, dan penampilan internasional pertama Azevedo akan menghadiri KTT G-20 di Saint Petersburg, Rusia, mulai 5 hingga 6 September.

Azevedo mengatakan dalam pesan selamat datangnya bahwa organisasi dan sistem perdagangan multilateral berada di persimpangan penting.

"Pilihan-pilihan yang 159 anggota WTO buat dalam beberapa bulan mendatang akan menentukan jalan yang kita ambil ketika kita berangkat bersama-sama untuk memperkuat dan mendukung sistem perdagangan multilateral," katanya.

Dia juga menekankan Konferensi Kesembilan Tingkat Menteri WTO, yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia, mulai 3-6 Desember 2013 menjadi prioritas utama.

"Saya percaya kesepakatan dapat dicapai meskipun kami memiliki waktu yang singkat antara sekarang dan Bali. Saya akan melakukan semua yang saya bisa untuk membuat kesepakatan tercapai," katanya.

Azevedo, 55, telah menjadi perwakilan tetap Brazil di WTO sejak 2008.

Dia telah bekerja secara langsung pada isu-isu ekonomi selama lebih dari 20 tahun. Dia mengawasi urusan penyelesaian sengketa di Brazil, bertindak sebagai ketua delegasi dalam beberapa kasus WTO. Dia juga berpartisipasi dalam negosiasi putaran Doha sebagai kepala delegasi Brazil mulai dari 2005 hingga 2006.