Melbourne (ANTARA) - Minyak memperpanjang penurunan di perdagangan Asia pada Kamis sore untuk sesi keempat berturut-turut, karena pembaruan pembatasan COVID di China, importir minyak mentah terbesar dunia, membebani pasar dan para pedagang menunggu data inflasi AS untuk petunjuk tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut.

Minyak mentah berjangka Brent tergelincir 41 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 92,24 dolar AS per barel pada pukul 07.33 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS merosot 48 sen atau 0,6 persen, menjadi diperdagangkan di 85,35 dolar AS per barel.

Harga minyak mentah Brent telah turun lebih dari 6,0 persen sejauh minggu ini, sementara WTI turun lebih dari 7,0 persen.

Pusat manufaktur Guangzhou, sebuah kota berpenduduk 19 juta orang, pada Kamis melaporkan lebih dari 2.000 kasus baru untuk 9 November, hari ketiga di atas level itu, dalam wabah terburuk di kota itu sejauh ini. Jutaan penduduk diperintahkan untuk dites COVID-19 pada Rabu (9/11/2022), dan satu distrik kota dikunci karena kasus lokal di seluruh China mencapai tertinggi sejak 30 April.

Pada Kamis, Amerika Serikat akan merilis data indeks harga konsumen (IHK) yang diperkirakan akan menunjukkan perlambatan tingkat inflasi baik untuk angka inti bulanan maupun tahunan. Itu dapat menyebabkan Federal Reserve AS mengurangi ukuran kenaikan suku bunga yang direncanakan, yang akan dianggap positif bagi pertumbuhan permintaan ekonomi dan minyak.

Harga juga berada di bawah tekanan setelah peningkatan besar dalam persediaan minyak mentah AS dilaporkan pada Rabu (9/11/2022).

"Prospek harga minyak menjadi lebih berhati-hati," kata analis dari Haitong Futures di Shanghai.

"Data IHK AS ... selanjutnya akan mempengaruhi ekspektasi pasar dari tingkat makro, yang selanjutnya meningkatkan sentimen menunggu dan melihat pasar."

Stok minyak mentah AS naik 3,9 juta barel pekan lalu, kata Badan Informasi Energi, membawa persediaan ke level tertinggi sejak Juli 2021.

Namun, persediaan bensin turun 900.000 barel ke level terendah sejak November 2014 dan stok sulingan turun 500.000 barel.

Bearish di sekitar kenaikan stok minyak mentah AS mungkin telah berlebihan, kata analis Commonwealth Bank, Vivek Dhar.

Dia mencatat bahwa stok sulingan, yang meliputi solar, minyak pemanas dan bahan bakar jet, turun ke level terendah dalam satu dekade dan bahwa jumlah hari persediaan tersebut dapat memenuhi permintaan pada 26, hampir lima hari di bawah rata-rata lima tahun, "menunjukkan kondisi yang jauh lebih ketat daripada pasar minyak atau bensin AS".

Dhar memperkirakan dalam catatan kepada klien bahwa Brent akan mencapai rata-rata sekitar 95 dolar AS per barel pada kuartal keempat karena pasokan akan semakin ketat dengan penerapan larangan Uni Eropa pada impor minyak lintas laut Rusia pada 5 Desember.

Baca juga: IEA: Harga minyak 100 dolar AS "risiko nyata" bagi ekonomi global

Baca juga: Harga minyak di Asia turun, tertekan naiknya kekhawatiran COVID China