Sayangnya untuk kenaikan harga minyak, itu hanya puncak gunung es, karena serangkaian berita utama ekonomi yang bearish menempatkan China dalam sorotan ...
Melbourne (ANTARA) - Harga minyak melemah di awal perdagangan Asia pada Kamis pagi, mencatat penurunan untuk hari keempat di tengah kekhawatiran bahwa pembatasan COVID baru di China, importir minyak mentah terbesar dunia, akan berdampak pada permintaan bahan bakar.

Harga minyak mentah berjangka Brent turun 34 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 92,31 dolar AS per barel pada pukul 01.15 GMT. Harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS tergelincir 31 sen menjadi diperdagangkan di 85,52 dolar AS per barel.

Harga minyak berjangka Brent telah turun lebih dari 6,0 persen sejauh minggu ini, sementara WTI merosot lebih dari 7,0 persen.

Pusat manufaktur Guangzhou, sebuah kota berpenduduk 19 juta orang, pada Kamis melaporkan lebih dari 2.000 kasus baru untuk 9 November, hari ketiga di atas level itu, dalam wabah terburuk di kota itu sejauh ini. Jutaan penduduk diperintahkan untuk dites COVID-19 pada Rabu (9/11/2022) dan satu distrik kota telah dikunci, karena kasus lokal di seluruh China mencapai tertinggi sejak 30 April.

Menambah kesuraman pasar adalah peningkatan besar dalam persediaan minyak mentah AS yang dilaporkan pada Rabu (9/11/2022).

Baca juga: IEA: Harga minyak 100 dolar AS "risiko nyata" bagi ekonomi global

"Sayangnya untuk kenaikan harga minyak, itu hanya puncak gunung es, karena serangkaian berita utama ekonomi yang bearish menempatkan China dalam sorotan ... karena lonjakan kasus COVID lokal membebani pasar minyak," kata Mitra Pengelola SPI Asset Management, Stephen Innes, dalam sebuah catatan.

Stok minyak mentah AS naik 3,9 juta barel pekan lalu, Badan Informasi Energi AS mengatakan membawa persediaan ke level tertinggi sejak Juli 2021.

Namun persediaan bensin turun 900.000 barel ke level terendah sejak November 2014 dan stok sulingan turun 500.000 barel.

Bearish di sekitar kenaikan stok minyak mentah AS mungkin telah berlebihan, kata Analis Commonwealth Bank, Vivek Dhar.

Dia mencatat bahwa stok sulingan, yang meliputi solar, minyak pemanas dan bahan bakar jet, turun ke level terendah dalam satu dekade dan jumlah hari persediaan tersebut dapat memenuhi permintaan yang diperkirakan pada 26, hampir lima hari di bawah rata-rata lima tahun, "menunjukkan kondisi yang jauh lebih ketat daripada pasar minyak atau bensin AS".

Dalam sebuah catatan kepada klien, Dhar memperkirakan bahwa Brent akan mencapai rata-rata sekitar 95 dolar AS per barel pada kuartal keempat karena pasar minyak akan mengetat menyusul penerapan larangan yang direncanakan Uni Eropa terhadap impor minyak Rusia mulai 5 Desember sebagai tanggapan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Harga minyak anjlok, pasar khawatir COVID China dan lonjakan stok AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022