Jakarta (ANTARA) - Ajang kompetisi car tuning terbesar di Indonesia, BlackAuto Battle musim 2022 digelar, sebelumnya acara sempat terhambat karena adanya pandemi COVID-19 di Indonesia.

Baca juga: OLX Autos IMX 2022 siapkan "Supergiveaway" Subaru Forester dan Innova

Kota Solo menjadi lokasi pertama acara digelar setelah pandemi, mengangkat tema besar "Real competition, True Champion".

Kota Solo dianggap mampu memberikan cita rasa berbeda dalam dunia car tuning yang kini memang sedang digandrungi anak muda Indonesia.

"Setelah masa pandemi berakhir, 2022 adalah tahun dimana kita kembali menggelar gelaran BlackAuto Battle dengan memilih Kota Solo sebagai kota pertama kita yang mewakili Central Region," kata Perwakilan Pelaksana Event, Boy Prabowo dalam keterangan resminya, Jumat.

Sebagaimana diketahui bersama, dunia car tuning di bagian tengah pulau Jawa ini tergolong maju pesat seiring dengan hadirnya kemudahan akses transportasi serta informasi disana.

Hal itu terlihat dengan semakin berkembangnya tempat-tempat yang menyediakan modifikasi, installer dan bagian industri car tuning lainnya yang membangun bisnisnya di kota ini.

Baca juga: Menengok persiapan pesta modifikasi OLX Autos IMX 2022

Baca juga: Bank Neo Commerce dukung gelaran OLX Autos IMX 2022


Black Auto Battle yang diselenggarakan di kota Solo, Jawa Tengah. (ANTARAHo/Black Auto Battle)

Solo berhasil mendukung dan merangsang pertumbuhan industri car tuning di kota sekitarnya seperti Boyolali, Sragen, Klaten dan sekitarnya. Alhasil kota Solo dianggap mampu memberikan segala kebutuhan yang ada untuk menggarap gelaran sekaliber BlackAuto Battle 2022.

Baca juga: Modifikasi VW "kawin silang" jadi juara di HotWheels Legends Indonesia

"Sekitar 96 mobil bertanding untuk memperebutkan gelar terhormat sekaligus golden ticket menuju FINAL BATTLE di Jakarta 26-27 Nov Di Stadion Aquatik Senayan nanti," kata Boy Prabowo.

Selain itu Solo juga terbukti mampu menelurkan karya dan prestasi nasional yang mampu memberi cita rasa berbeda pada dunia car tuning Nasional. Ini dibuktikan dengan banyaknya gerai car audio kelas nasional serta performance tuner kelas nasional yang tumbuh dan berkembang di Kota Solo.

Baca juga: Namota sapa pengunjung GIIAS 2022 dengan berbagai produk

Pada seri kali ini, Blackauto Battle seri Solo kali ini akan menyuguhkan sebuah kompetisi modifikasi, engine performance dan car audio yang berbeda dari kompetisi yang ada di Indonesia.

Banyaknya event sejenis yang menjamur, menantang Blackauto Battle untuk menghadirkan sisi kompetisi yang lebih tajam dengan metode penilaian yang lebih ketat dan terukur dengan menggandeng asosiasi APACT (Asia Pacific Car Tuning) untuk wadah penjurian, merupakan sebuah hal baru dan yang pertama dilakukan oleh Blackauto Battle.

"Masih menggandeng APACT sebagai asosiasi penjurian modifikasi, tahun ini kita bagi dalam dua kelas besar, yaitu CONTEST dan CULTURE yang disesuaikan dengan demand dan trend yang ada saat ini," jelasnya.

Sistem penjurian
Sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, BlackAuto Dyno Test untuk tahun 2022 kali ini terbagi atas dua kelas berbeda yaitu kelas Max 4 Cylinder N/A dan Max 4 Cylinder FI.

Pada seri kali ini, tidak mengalami perubahan mesin ukur daya mesin didatangkan khusus dari Mainline Dynolog Australia dan merupakan satu-satunya engine performance contest di Indonesia.

Kemampuan mesin ini bisa mengukur daya dari dua karakter penggerak roda berbeda, yaitu depan (FWD), belakang (RWD) atau keduanya (AWD). Untuk Black Out Loud terbagi tiga kelas pertandingan yang mewakili genre berbeda, yaitu SQ, SQL dan SPL.

Pada kategori SQ atau Sound Quality adalah sebuah genre hi end dalam dunia car audio yang mencari tonal akusari, staging, imaging serta listening pleasure dengan menggunakan perangkat software yang sudah ditentukan.

Baca juga: Kontes modifikasi Hot Wheels Legends Tour hadir di Indonesia

Baca juga: Modifikasi velg dengan harga terjangkau

Black Auto Battle yang diselenggarakan di kota Solo, Jawa Tengah. (ANTARAHo/Black Auto Battle)

Tahun ini Black Out Loud bekerjasama dengan tiga asosiasi sekaligus yaitu i-CAN/Indonesia Car Audio Network, EMMA/European Mobile Media Association dan MECA/Mobile Electronic Competition Association.

Baca juga: OLX Autos terbuka untuk mobil-mobil yang sudah dimodifikasi

"Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dan dengan event-event lain tentunya, BlackAuto Battle 2022 menggandeng 3 asosiasi Internasional untuk terlibat langsung menjuri pada kelas Black Out Loud yaitu EMMA (Eropa), CAN (Indonesia/Asia) dan MECA (Amerika)," lanjut Boy Prabowo.

SQL atau Sound Quality Loud adalah konsep penilaian penggabungan antara nilai SQ dan SPL dengan penilaian dilihat dan didengar diluar kabin mobil. Juri SQL tahun ini adalah salah satu professional audio di bidang Speaker builder, speaker dan pasif designer sekaligus international judge, Maslim Djanuanto.

Untuk SPL atau Sound Preassure Level, adalah adu kencang car audio dengan satuan desibel yang diukur dengan alat ukur profesional terbaru di dunia, Term Lab Magnum.

Baca juga: Siswa NATS modifikasi Nissan Leaf "retro masa depan"

Daftar Pemenang Kontes
SQL Champ :
1. Maximos - Agya
2. Team ICA - Ertiga
3. Ronald Omega - CRV

Fun SPL Champ :
1. Team ICA - Ertiga
2. Maximos - Agya
3. Ronald Omega - CRV

SQ Unlimited (EMMA - MECA - CAN) :
1. Dream Sound Audio Circle - CRV
2. Dream Sound Audio Circle - Nissan March
3. Terang Jaya Audio Audio Circle - Nissan Terra

Culture Car Champ :
1. Toyota FT86 Dimension
2. Lexus LS Gemblung
3. Chrysler 300C Rafa Project

Contest Car Champ :
1. Mits. Xpander Ratris
2. Honda Accord Goldie
3. Honda Civic FD

Black Culture Car :
1. Chrysler 300C Rafa Project

Black Contest Car :
1. Mits. L300 Pangunci



Baca juga: OLX Autos terbuka untuk mobil-mobil yang sudah dimodifikasi

Baca juga: Jakarta Automotive Modified jadi "pemanasan" jelang IMX 2022

Baca juga: Intip trio mobil modifikasi Suzuki di IIMS 2022, ada XL7 Camper Van