Jakarta (ANTARA) - Turnamen tenis putra profesional bertajuk AMMAN International Tennis Championships kembali digelar di Indonesia setelah absen selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

Kejuaraan yang masuk kalender kompetisi resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) Mens World Tennis tersebut akan bergulir dua seri selama dua pekan, yang akan berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, pada 7-21 Agustus 2022.

"Ada 18 negara yang mendaftar, nanti pertandingannya sangat bermutu. Ini adalah kesempatan tuan rumah mendapatkan wildcard untuk ikut berkompetisi mendapatkan pengalaman turnamen internasional," ujar Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti) Rildo Ananda Anwar dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

AMMAN International Tennis Championship menyediakan total hadiah 15.000 dolar AS atau sekitar Rp225 juta tiap seri. Ajang ini merupakan turnamen entry level profesional yang akan bermanfaat bagi petenis tuan rumah untuk mencari poin peringkat internasional.

Setiap seri AMMAN International Tennis Championships menyediakan 32 slot babak utama dan 48 tempat di babak kualifikasi nomor tunggal. Sementara di sektor ganda, hanya 16 pasangan yang berhak tampil di babak utama.

Merujuk situs kompetisi ITF, petenis India, Sasikumar Mukund yang berperingkat tunggal ke-441 dunia akan menjadi unggulan teratas AMMAN International Tennis Championships seri pertama.

Adapun peserta datang dari 18 negara, yakni Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, Filipina, Hongkong, China, Jepang, Korea, India, Australia, Selandia Baru, Belanda, Rusia dan Perancis, serta Afrika Selatan.

Kubu tuan rumah akan menurunkan petenis andalan, di antaranya Muhammad Rifqi Fitriadi yang menjadi bagian dari tim Merah Putih pendulang medali perak beregu putra SEA Games Vietnam 2022 dan petenis junior terbaik Indonesia saat ini, Nathan Anthony Barki.

Selain dua nama tersebut, dua petenis Indonesia lainnya yang medapat wildcard undian utama adalah Achad Imam Ma'ruf dan Rifqy Sukma Ramadhan.

Baca juga: Petenis muda Indonesia juarai kompetisi junior ITF Asia di Thailand
Baca juga: Menang di Playoff Piala Davis jadi awal kesuksesan tim tenis Indonesia