Chengdu, China (ANTARA) - Manajer tim sekaligus Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja menyoroti percepatan regenerasi menyusul penampilan para atlet debutan dalam ajang Piala Thomas-Uber 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, pekan ini.

Menurut Ricky, kehadiran para pemain muda dalam skuad putra dan putri harus lebih ditunjang, sehingga bisa cepat bersaing di level yang lebih tinggi.

“Oleh karena itu setiap kesempatan yang diberikan harus benar-benar dilakukan dengan baik dengan memberikan yang maksimal. Regenerasi bulutangkis Indonesia adalah program yang tidak boleh terhenti,” kata Ricky di Chengdu, Minggu.

Baca juga: Alwi bawa Indonesia menang telak 5-0 atas Inggris pada fase grup

Lebih lanjut, peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 itu mengakui bahwa potensi para pemain muda sangat baik, tinggal bagaimana program percepatan harus digenjot agar dalam setidaknya beberapa tahun ke depan, mereka sudah bisa diandalkan menjadi pelapis sepadan untuk sang ujung tombak.

“Saya sampaikan ke pelatih bahwa bagaimana kita sesegera mungkin untuk bisa percepatan pemain-pemain muda ini peningkatannya harus terlihat,” kata Ricky.

“Katakanlah misalnya yang masih peringkat ratusan bisa menembus 70-80 besar dunia, program jangka pendek, jangka panjangnya seperti apa atau bahkan 2028 mereka inilah yang harus tampil di Olimpiade,“ ujar dia.

Baca juga: Alwi akui sempat gugup jelang debutnya di Piala Thomas

Pada skuad putra dan putri di Piala Thomas-Uber 2024 ini, ada Alwi Farhan yang debut sebagai tunggal putra ketiga dalam laga terakhir kualifikasi grup kontra Inggris dan membawa kemenangan 5-0 bagi Indonesia.

Selain itu, di tim putri ada pemain-pemain muda seperti Ester Nurumi Tri Wardoyo, Komang Ayu Cahya Dewi, dan Ruzana di sektor tunggal, serta Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose di sektor ganda.

“Kalau secara potensi saya yakin di tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri maupun ganda campuran prospeknya cerah dan sangat baik. Tinggal bagaimana tugas pelatih menjadikan mereka pemain-pemain elite,” ujar Ricky.

Di sisi lain, skuad putra Indonesia bersiap untuk melakoni laga kedua di fase Grup C kontra Thailand pada Senin (29/4). Pada hari yang sama, ada juga tim putri Indonesia yang akan menjamu Uganda pada pertandingan kedua kualifikasi Grup C ini.

Baca juga: Komang Ayu sempurnakan kemenangan Indonesia 5-0 atas Hong Kong

Baca juga: Ricky: Indonesia tak boleh lengah jelang pertandingan kedua fase grup

Baca juga: Pelatih sebut pentingnya antisipasi ganda putra Thailand di fase grup


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024