Jakarta (ANTARA News) - Pabrikan kendaraan asal Jepang, Mazda, kini menyediakan oli Mazda Genuine Oil – Golden Eco SM 0W-20.

Saat memperkenalkan oli tersebut pada Indonesia International Motor Show di Jakarta, Rabu, Mazda mengemukakan oli tersebut memiliki tingkat kekentalan yang tepat untuk temperatur tertinggi maupun temperatur terendah ketika mesin dioperasikan.

"Hal itu yang membedakan oli Mazda dengan oli lainnya karena oli ATPM lainnya rata-rata memiliki tingkat viskositas (kekentalan) terendah 5W-30 dan dan 10W-40. Mazda merupakan satu-satunya produsen mobil pertama yang meluncurkan oli 0W-20 dengan grade API SM," kata Tundjung Pangajom After Sales Manager yang memperkenalkan Maza Genuine oil.

Menurut Tundjung, Oli dengan tingkat kekentalan yang tepat mampu mengurangi panas pada mesin sehingga sanggup memberikan perlindungan yang tepat, meningkatkan tenaga dan akselerasi pada mesin kendaraan, mengurangi tingkat kerusakan mesin akibat gesekan, mengurangi emisi gas buang dan mampu memperpanjang penggunaan oli pada kendaraan.

Tundjung mengatakan pengguna mobil di Indonesia semakin tergerak menggunakan oli dengan tingkat kekentalan semakin rendah guna meningkatkan efisiensi penggunaan BBM dan mengingat kondisi jalanan yang semakin padat.

"Oli ini dapat menghemat penggunaan bahan bakar hingga 5,5% jika dibandingkan dengan jenis 5W-30, dan 6% jika dibandingkan dengan 10W-40," kata Tundjung.

Astrid Ariani Wijana, Marketing Manager PT. Mazda Motor Indonesia mengatakan peluncuran oli Golden Eco SM 0W-20 sekaligus menjawab tingginya permintaan pelanggan Mazda yang menginginkan oli genuine Mazda terutama bagi pengendara Mazda 2.

Sebelumnya, Oli Golden Eco SM 0W-20 telah diluncurkan di beberapa negara di luar negeri seperti Amerika Serikat, Thailand dan Singapura.

"Mazda 2 berperan besar mendongkel oli, mengingat volume Mazda 2 yang besar," kata Astrid.

Mazda Genuine Oil – Golden Eco SM 0W-20 memenuhi standar API (American Petroleum Institute) yang kemudian digabungkan dengan standar yang diberlakukan oleh Mazda sendiri sehingga menjadikan oli ini yang terbaik untuk kendaraan Mazda.

Harga resmi oli itu masih belum diumumkan Mazda tapi harga oli itu berkisar Rp. 130 ribu karena Mazda baru akan meluncurkan oli pada 15 Agustus nanti.
(adm)