Madrid (ANTARA News) - Pemimpin klasemen Barcelona bertahan kendati mendapat kartu merah bagi Gerard Pique dan Rafael Marquez untuk meraih kemenangan 2-1 atas Getafe dalam Liga Utama Spanyol, Sabtu. Real Madrid melanjutkan langkah dengan kemenangan kandang 3-0 melawan Espanyol.

Seperti dilaporkan Reuters, Pique diusir dari lapangan pada menit ke-25 karena menantang dengan liar kepada Rafa Lopez. Marquez keluar pada akhir pertandingan setelah melakukan pelanggaran atas Kepa sehingga memberi tendangan penalti pada menit akhir yang disarangkan oleh pemain Getafe Roberto Soldado.

Namun pertandingan efektif berakhir saat itu. Lionel Messi membuka skor bbketujuh dan menerobos untuk menyiapkan Xavi untuk mencetak gol penentuan pada menit ke-67 saat Barca melanjutkan mencipta peluang yang lebih baik kendati ada sejumlah kelemahan.

Juara bertahan yang belum terkalahkan itu mengumpulkan 55 poin dari 21 pertandingan, dan tetap unggul lima poin di atas tim urutan kedua Real, yang dengan mudah mengungguli Espanyol.

Sergio Ramos menyundul masuk satu tendangan bebas pada awal pertandingan dan Kaka menggandakan keunggulan setelah Carlos Kameni hanya mampu menepis sundulan Raul pada menit ke-30. Gonzalo Higuain kembali main usai cedera untuk menyarangkan gol ketiga pada akhir pertandingan.

Sebelumnya, Valencia merusak debut Onesimo Sanchez sebagai pelatih Real Valladolid, dengan memenangi pertandingan 2-0 untuk bertahan di posisi ketiga dengan 42 poin.

Tim yang terseok-seok Valladolid, berada di urutan 17, memecat Jose Luis Mendilibar pada Senin tetapi pergantian itu tidak segera memulihkan peruntungan mereka di Mestalla.

Ever Banega berada di tengah-tengah sebagian besar langkah terbaik Valencia dan menyarangkan tendangan ganas untuk membuka skor setelah pertandingan berlangsung delapan menit.

Pemain tengah asal Argentina itu kemudian mengumpan silang David Villa untuk menyundulkan golnya yang ke-15 dalam liga pada menit ke-29. Tim tuan rumah menyia-nyiakan lebih banyak peluang usai jeda pertandingan. (F005/A038)