London (ANTARA News/AFP) - Dolar meningkat tajam ke dua bulan tertinggi pada Selasa waktu setempat, karena peningkatan angka inflasi AS memicu spekulasi baru tentang kemungkinan awal kenaikan suku bunga AS, kata para dealer.

Mereka mengatakan angka harga produsen AS, ditambah dengan lebih tinggi dari yang diperkirakan data output industri AS, menegaskan indikator baru-baru ini menunjukka kenaikan dalam pertumbuhan ekonomi AS sehingga dapat meningkatkan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih awal.

Federal Reserve AS bertemu pada Selasa dan Rabu untuk mendiskusikan kebijakan moneter dan pasar akan mengawasi dengan cermat untuk setiap indikasi seperti langkah pada kartu, mereka menambahkan.

Sementara itu euro jatuh di tengah kekhawatiran atas kesehatan bank Austria dan ketidakpastian Yunani atas rencana untuk mengatasi utang publik yang melambung.

Pada akhir transaksi London, mata uang tunggal Eropa berada pada 1,4516 dolar, turun dari 1,4655 dolar di New York akhir Senin.

Dolar meningkat tajam ke 89,88 yen dari 88,56 yen pada Senin.

Harga produsen AS dan angka-angka produksi industri "datang jauh lebih tinggi dari yang diperkirakan, telah memicu kekhawatiran bahwa bank sentral AS mungkin terpaksa untuk menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diantisipasi," kata James Hughes, analis pasar CMC Markets.

Bahwa melihat "dolar naik kembali terhadap euro dan yen. Jika ketakutan diperkuat oleh angka AS besok (inflasi konsumen), maka kita bisa melihat kekuatan dolar lebih lanjut," kata Hughes.

Analis Commerzbank mengatakan dalam sebuah catatan bahwa pasar akan melihat sangat cermat pada apa yang Fed katakan setelah pertemuan ditutup pada Rabu untuk perubahan dalam bahasa pandangan pada tingkat bunga.

Setiap kata-kata yang memberikan kesan para pembuat kebijakan AS bersiap-siap untuk menaikkan suku bunga segera akan memukul euro, kata mereka.

Dengan dukungan mencari dolar, kata para dealer, laporan yang mungkin lebih masalah di sektor perbankan Austria, yang sangat terkena Eropa Timur, ditambah kekhawatiran keuangan publik Yunani yang akan mendorong dolar.

Koran Austria "Die Presse" mengatakan regulator telah meletakkan bank terbesar keempat negara itu, Oesterreichische Volksbanken, pada daftar pantauan tetapi ini kemudian ditolak oleh perusahaan.

"Euro tenggelam agresif versus dolar di tengah berita itu," kata Jane Foley, seorang analis di perdagangan online forex.com.

Pemerintah Austria pada Senin bertindak menasionalisasi Hypo Group Alpe Adria, bank terbesar keenam di negara itu, di langkah untuk mencegah keruntuhan dan kemungkinan efek domino di antara pemberi pinjaman daerah.

"Pasar kecewa atas kurangnya pengetatan air reformasi dalam anggaran Yunani juga berkontribusi terhadap euro lebih lunak," kata Foley.

Pemotongan biaya diumumkan oleh Yunani untuk membersihkan utang yang menunggangi ekonomi dan memenangkan kembali kredibilitas dengan mitra Uni Eropa dan pasar keuangan bertemu dengan keraguan dan skeptis pada Selasa.

Jonathan Loynes ekonom pada konsultan Capital Economics di London mengatakan "kegugupan pasar atas kedua posisi Yunani dan utang negara secara umumterlihat tidak memudar dalam waktu dekat."

Pada akhir perdagangan di London, Selasa, euro berpindah tangan pada 1,4516 dolar terhadap 1,4655 dolar akhir Senin, pada 130,47 yen (129,81), 0,8988 pound (0,8986) dan 1,5128 franc Swiss (1,5119).

Dolar berdiri di 89,88 yen (88,56) dan 1,0422 franc Swiss (1,0314). Pound berada pada 1,6232 dolar (1,6305).

Di London Bullion Market, harga emas tergelincir ke 1.122 dolar per ons dari 1.123,75 dolar akhir Senin.(*)