Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton sekali lagi memperlihatkan dominasi Mercedes di babak kualifikasi Grand Prix Britania setelah merebut pole position untuk ketujuh kalinya di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Itu juga merupakan pole position kali kedelapan secara beruntun bagi seorang pebalap Mercedes di sirkuit bekas lapangan udara tersebut, serta ke-91 kali di karier Hamilton.

Juara dunia enam kali itu akan start di depan rekan satu timnya, Valtteri Bottas di saat kedua pebalap itu mendominasi kualifikasi, mencetak rekor trek baru dan menyingkirkan Max Verstappen dari tim Red Bull ke posisi start ketiga dengan jarak lebih dari satu detik, demikian catatan laman resmi F1.

Ferrari menempatkan Charles Leclerc di P4, sedangkan Lando Norris mengesankan McLaren kembali ketika ia start dari P5 di depan Lance Stroll yang memuncaki FP2 dengan mobil Racing Pointnya.

Sementara itu, Sebastian Vettel mengawali akhir pekan yang berat setelah terganjal masalah intercooler dan pedal box di mobil Ferrari SF1000 ketika sesi latihan bebas. Pebalap asal Inggris itu hanya mampu mengamankan posisi start ke-10.

Alexander Albon juga kewalahan membawa mobil Red Bull ketika ia gagal lolos dari Q2 untuk kedua kalinya secara beruntun dan akan start dari P12.

Pebalap asal Thailand itu sempat kehilangan kendali mobil RB16 hingga membentur keras pagar pembatas di FP2 sebelum melewatkan hampir sebagian besar FP3 karena masalah elektronik.

Di saat Sergio Perez terjangkit COVID-19, Racing Point memanggil Nico Hulkenberg kembali ke F1 untuk menggantikan sang pebalap Meksiko itu. Pebalap berjuluk Hulk itu finis P13 setelah membalap kembali dengan mantan timnya tersebut, yang dulu masih bernama Force India.

Sementara itu, Daniil Kvyat harus mendapat penalti mundur posisi grid karena pergantian girboks.

Meski lolos ke Q2 untuk ketiga kalinya secara beruntun musim ini, George Russell juga harus diganjar penalti mundur lima posisi start karena dianggap abai dengan bendera kuning setelah rekan satu timnya di Williams, Nicholas Latifi, kehilangan kendali di trek.

Grand Prix Britania akan menempuh 52 lap dengan jarak total 306,198km ketika start Minggu malam mulai pukul 20:10 WIB.

Starting Grid GP Britania
1 Lewis Hamilton Mercedes-AMG Petronas Formula One Team
2 Valtteri Bottas Mercedes-AMG Petronas Formula One Team
3 Max Verstappen Aston Martin Red Bull Racing
4 Charles Leclerc Scuderia Ferrari
5 Lando Norris McLaren F1 Team
6 Lance Stroll BWT Racing Point F1 Team
7 Carlos Sainz Jr. McLaren F1 Team
8 Daniel Ricciardo Renault DP World F1 Team
9 Esteban Ocon Renault DP World F1 Team
10 Sebastian Vettel Scuderia Ferrari
11 Pierre Gasly Scuderia AlphaTauri Honda
12 Alexander Albon Aston Martin Red Bull Racing
13 Nico Hulkenberg BWT Racing Point F1 Team
14 Kevin Magnussen Haas F1 Team
15 Antonio Giovinazzi Alfa Romeo Racing ORLEN
16 Kimi Raikkonen Alfa Romeo Racing ORLEN
17 Romain Grosjean Haas F1 Team
18 Nicholas Latifi Williams Racing
19 Daniil Kvyat Scuderia AlphaTauri Honda
20 George Russell Williams Racing

Baca juga: Verstappen optimistis meski Mercedes terlampau kencang di Silverstone
Baca juga: Bottas ungguli Hamilton untuk puncaki FP3 Grand Prix Britania