Kupang (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menyatakan mengusung Megawati Soekarnoputri untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

“Kalau untuk NTT, sejak awal memang kita mendukung ibu Megawati untuk kembali menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan,” kata Ketua DPD PDIP NTT Frans Lebu Raya kepada wartawan di sela-sela Konferensi daerah (Konferda) dengan agenda penetapan Ketua DPD PDIP baru di Kupang, Kamis (25/7) sore

Hal ini disampaikan berkaitan dengan sikap politik DPD PDIP NTT dalam mengusung calon ketua umum PDIP dalam kongres PDIP yang akan digelar di Bali pada 8-10 Agustus mendatang.

Frans yang sudah menjadi Ketua DPD PDIP NTT selama empat periode mulai dari tahun 2000, 2005, 2010 dan 2015 itu mengatakan bahwa dirinya merupakan salah satu orang yang ditunjuk untuk berkoordinasi dengan DPD PDIP seluruh Indonesia.

“Seluruh DPD sudah sepakat akan kembali mengusung Ibu Megawati. Kami sudah sepakat saat kami semua berkoordinasi,” ujar dia.

Frans mengatakan alasan NTT mengusung Megawati kembali menjadi Ketua Umum karena partai berlambang banteng tersebut tengah menghadapi tantangan besar.

"Dalam kesadaran partai ini sedang menghadapi tantangan soal ideologi bangsa ini. Kita semua tahu ada yang sedang mendorong-dorong ideologi lain selain Pancasila," ujar dia.

Partai tersebut ujar dia harus dibenahi secara baik, sehingga bisa menjadi sebuah kekuatan yang dapat diandalkan untuk terus menjaga Pancasila di NKRI.

Megawati sendiri kata dia mempunyai kapasitas untuk tetap menjaga ideologi bangsa ini melalui PDIP perjuangan.

"Kita masih membutuhkan ibu Megawati. Ada banyak kader di PDIP namun untuk hal yang saya katakan tadi Ibu Megawati sudah sangat cocok," tambah dia.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019