Jakarta (ANTARA) - Kulit sehat dan bersinar bisa didapatkan dengan mudah lewat kebiasaan sederhana seperti membersihkan riasan, mengonsumsi makanan sehat, serta tidur nyenyak.

Orang-orang yang memiliki kulit sehat dan bercahaya selalu melakukan kebiasaan sederhana tapi memberikan dampak yang signifikan. Berikut adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang-orang berkulit indah seperti dikutip Boldsky, Sabtu.

1. Tidur nyenyak
Sebagaimana tubuh, kulit juga butuh istirahat. Tidur selama enam hingga tujuh jam bukan hanya membuat kulit sehat melainkan juga terasa enak dan segar. Tidur nyenyak juga akan mengurangi kemungkinan penuaan diri pada kulit, sedangkan kurang tidur dapat menyebabkan lingkaran hitam pada mata.

2. Mengonsumsi makanan sehat
Makanan yang kaya akan asam lemak, antioksidan, dan vitamin C akan bekerja dengan baik untuk kulit. Tidak hanya meningkatkan elastisitas kulit, tapi juga menghilangkan jerawat, komedo dan lainnya. Jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan indah, pastikan untuk mengurangi makanan berminyak dan gula.

Baca juga: Kata dokter soal menjaga kesehatan kulit bagi pria

3. Terhidrasi
Untuk membuat kulit sehat, asupan air untuk tubuh haruslah cukup. Terhidrasi dengan cukup dapat  meningkatkan elastisitas dan mencegah tanda-tanda penuaan. Minum banyak air juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

4. Olahraga teratur
Olahraga meningkatkan aliran darah di kulit, membantu mengeluarkan kotoran dari kulit, dan meningkatkan elastisitas sehingga tampak awet muda.

5. Menahan diri menyentuh wajah
Orang yang memiliki kulit sehat jarang menyentuh kulit wajah dengan tangan, sebab tangan kita tidak selalu bersih. Jika Anda ingin melakukannya, pastikan sudah membersihkan tangan terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus membersihkan peralatan make-up secara teratur.

6. Menggunakan produk alami
Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda harus menghindari penggunaan bahan kimia pada kulit. Misalnya untuk melembabkan kulit, Anda bisa menggunakan gel lidah buaya. Madu juga merupakan bahan alami untuk memberi nutrisi dan melembabkan kulit agar lembut, kenyal dan sehat.

7. Membersihkan riasan sebelum tidur
Jangan pernah lupa membersihkan wajah sebelum tidur, sebab kulit juga butuh bernapas apalagi jika Anda menggunakan riasan sepanjang hari. Produk kecantikan yang mengandung bahan kimia akan menghalangi pori-pori kulit Anda sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Baca juga: Hadapi cuaca panas, EXO rekomendasikan ini untuk penggemar Indonesia

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019