San Francisco (ANTARA News) – Seorang pencipta perangkat lunak Android yang mendukung sebagian besar smartphone di dunia merambah pasar perangkat keras pada Selasa (30/5) dengan ponsel baru yang disebut Essential.

Andy Rubin mengatakan dalam sebuah pesan online bahwa dia ingin mengatasi kekacauan, kerumitan dan kekunoan di pasar smartphone dengan mengeluarkan ponsel berkualitas tinggi yang memudahkan aksesori seperti kamera 360 untuk dipasang secara magnetis ketika diinginkan.

"Untuk semua kebaikan yang dilakukan Android dalam membantu mengantarkan teknologi kepada hampir semua orang, itu juga justru menciptakan dunia baru yang aneh, tempat orang-orang kesulitan menggunakan teknologi yang seharusnya memudahkan kehidupan mereka," ujarnya.

Smartphone Essential pertama kali akan dirilis di Amerika Serikat, tempat perangkat tersebut bisa dipesan di website www.essential.com dengan harga 699 dolar AS (sekitar Rp9,31 juta). Sebuah kamera 360 yang bisa dipasang secara magnetik di bagian belakang ponsel bisa dipesan dengan biaya tambahan 50 dolar AS (sekitar Rp666.050).

Rubin mengatakan dia mendirikan perusahaan di balik Essential untuk menggunakan "metode abad ke-21 dalam membuat produk yang mendukung bagaimana orang-orang ingin hidup di abad ke-21."

Rubin merupakan pendiri Android yang telah dibeli Google pada tahun 2005.

Google membuat software Android-- yang mendukung sebagian besar smartphone di dunia-- tersedia bebas bagi pembuat perangkat.

Rubin meninggalkan perusahaan tiga tahun lalu untuk meluncurkan lembaga yang ditujukan untuk menumbuhkan start up teknologi perangkat keras, demikian AFP.

Penerjemah: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017