Jakarta (ANTARA News) - Presiden terpilih Joko Widodo mengaku siap mengikuti pelantikannya sebagai Presiden ketujuh Republik Indonesia hari ini dan mengaku sudah sarapan pisang goreng.

"Pagi hari ini kita sudah siap menuju ke Gedung MPR untuk melaksanakan sumpah dan janji di depan pimpinan MPR dan sebentar lagi kita akan berangkat. Tadi sarapan pisang goreng separuh," kata Jokowi di rumah dinas gubernur DKI Jakarta di Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

Jokowi sempat meminum jamu buatan istrinya.

"Saya minum temulawak jahe ditambahi kunyit," kata Jokowi

Dia mengaku sudah bangun sejak jam 05.00 WIB, kemudian shalat subuh sendiri-sendiri karena tradisi di keluarganya hanya shalat maghrib yang dilakukan berjamaah.

Jokowi juga mengaku tidak gugup karena sudah tidur pulas menjelang dilantik nanti.

"Biasa saja, tidur pulas," kata dia.

Sebelumnya, ibunda Jokowi Sujiatmi mendatangi kediaman Jokowi, namun Jokowi mengaku tidak ada ritual sungkeman sebelum pelantikan.

"Kalau pesan sih sejak dulu ya sama agar bekerja sebaik-baiknya, utamakan ketulusan dan kejujuran. Tiap hari juga sungkem," katanya.

Jokowi mengatakan seluruh kerabat dekatnya turut hadir memberikan dukungan. Adik-adiknya datang bersama dengan adik dan kakak dari istrinya.

Setelah konferensi pers, Jokowi dan keluarga pun langsung meluncur menuju MPR.

Pasangan presiden terpilih Joko Widodo dan wakil presiden terpilih Jusuf Kalla rencananya akan dilantik di gedung MPR dalam sidang paripurna istimewa di Ruang Rapat Paripurna I Gedung Nusantara IV MPR-RI pukul 10.00 WIB.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014