Medan (ANTARA News) - Sebanyak empat orang petugas Bea Cukai Belawan tewas akibat kapal patroli yang mereka tumpangi terbakar di sekitar perairan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (15/7) malam.

Informasi yang dihimpun ANTARA dari Direktorat Kepolisian Perairan (Ditpolair) Polda Sumatera Utara (Sumut) di Belawan Medan, Sabtu menyebutkan, kapal patroli Bea dan Cukai dengan nomor lambung 1501 tersebut terbakar di posisi sekitar satu mil dari garis pantai Kecamatan Pantai Labu saat dalam perjalanan dari Pelabuhan Belawan menuju perairan Teluk Nibung, Kabupaten Asahan.

Sebanyak empat petugas patroli Bea Cukai (BC) yang tewas dalam kecelakaan laut itu masing-masing Sukamto (53), Iwanoto (52), Candra Meksi (47) dan James Sipahutar (45).

Musibah kebakaran yang melanda kapal patroli BC itu juga mengakibatkan tiga orang petugas lainnya hingga Sabtu pagi masih dinyatakan hilang.

Sementara dua korban selamat masing-masing kapten kapal Julbasrin dan Susanto.

"Kedua korban kecelakaan kapal Bea Cukai yang selamat hingga kini masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Pirngadi Medan," kata Syahrial, salah seorang petugas Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumut.

Sejumlah petugas SAR Belawan hingga kini masih melakukan pencarian terhadap ketiga petugas BC yang hilang dalam kecelakaan laut itu.

Pihak kepolisian setempat hingga kini masih mengumpulkan keterangan dan barang bukti guna menyelidiki penyebab musibah yang melanda kapal patroli BC tersebut. (ANT197/M034/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011