Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan digunakannya Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer nantinya menjadi tuan rumah ajang balap World Superbike (WSBK) pada 19-21 Nopember 2021 dan MotoGP pada Maret 2022.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer menggunakan aspal terbaru stone mastic asphalt siap digunakan untuk mendukung event dunia. Di mana sebentar lagi ada WSBK dan dilanjutkan pada bulan Maret MotoGP 2022," ujarnya di lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok.

Selain meresmikan penggunaan Sirkuit Mandalika, Presiden Jokowi juga meresmikan beroperasinya Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL) - Mandalika sepanjang 17,3 kilometer.

"Jalan ini menghubungkan antara Bandara Internasional Lombok dengan kawasan Mandalika telah selesai dibangun dan digunakan, sehingga jarak tempuh antara bandara dan Mandalika bisa menjadi 15 menit saja," katanya.

Dalam kunjungannya Presiden Jokowi ke Sirkuit Mandalika ditemani sejumlah menteri, di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Turut mendampingi Ketua MPR sekaligus Ketua IMI Pusat Bambang Soesatyo, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Danrem 162/WB Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani.

Baca juga: Presiden berencana jajal langsung Sirkuit Mandalika

Baca juga: Presiden Jokowi akan Resmikan Sirkuit Mandalika

Baca juga: NTB gelar simulasi alur penonton IATC di Sirkuit Pertamina Mandalika


 

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021