Jakarta (ANTARA) - Manchester United menjaga rekor laga tandang sempurna dalam Liga Inggris musim ini dengan mempecundangi Tottenham Hotspur 3-1 dalam pertandingan pekan ke-31 di Stadion Tottenham Hotspur, London, Minggu waktu setempat.

Dengan hasil tersebut, MU tidak pernah kalah dalam 16 pertandingan tandang mereka musim ini, bahkan tim besutan Ole Gunnar Solskjaer sudah 22 pertandingan tandang secara beruntun tidak kalah sejak musim lalu.

MU yang berada pada posisi kedua kini mengoleksi 63 poin, masih tertinggal 11 poin dari rival sekota Manchester City yang menduduki puncak, sedangkan Tottenham (49) tertahan pada urutan ketujuh, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Berbatov: Rashford akan dominasi sepak bola bersama Haaland dan Mbappe

Edinson Cavani sempat menjebol gawang tuan rumah pada menit ke-35, tetapi gol itu dianulir oleh wasit Chris Kavanagh setelah mendapat masukan dari VAR terkait pelanggaran yang dilakukan Scott McTominay atas Son Heung-min dalam proses serangan menuju gol itu.

Lima menit kemudian Son menggarami luka para pemain MU dengan membuka keunggulan Tottenham lewat sontekan jarak dekatnya setelah menyambut umpan tarik matang kiriman Lucas Moura.

Keunggulan Tottenham bertahan hingga turun minum dan MU berusaha memasuki babak kedua dengan menjaga intensitas serangan yang tinggi, namun tembakan voli Bruno Fernandes bisa dihentikan oleh kiper Hugo Lloris sebelum penjaga gawang asal Prancis itu mengamankan bola liar di hadapannya.

Lloris kembali unjuk kemampuan pada menit ke-56 dengan menepis tembakan keras yang dilepaskan McTominay dari tepi kotak penalti.

Satu menit kemudian Lloris gagal menghentikan tembakan Cavani dengan sempurna dan bola muntah langsung disambar oleh Fred untuk membawa MU menyamakan 1-1.

Gol itu hampir dijawab seketika oleh Tottenham, tetapi kali ini giliran kiper Dean Henderson yang pamer kemampuan dengan menggagalkan tembakan Son.

Baca juga: Mourinho sebut Spurs pertimbangkan boikot medsos

Henderson kembali melakukan penyelamatan dengan kakinya untuk menghalau tembakan mendatar Harry Kane yang mengarah ke tiang dekat pada menit ke-73.

Aksi Henderson mengamankan gawang MU dibayar lunas oleh rekan-rekannya yang enam menit kemudian membawa Setan Merah berbalik memimpin ketika Cavani menerobos Eric Dier dan Serge Aurier guna menyambut umpan silang menawan yang dikirimkan Mason Greenwood.

Pada menit ke-84, Tottenham hampir menyamakan kedudukan dalam situasi yang sarat keberuntungan ketika bola sepak pojok Erik Lamela mengenai kepala Paul Pogba dan Cavani, tetapi Dewi Fortuna berpaling karena si kulit bundar membentur tiang gawang MU.

Tottenham gagal mencetak gol balasan dalam sisa waktu sebelum Greenwood mengunci kemenangan MU 3-1 atas tuan rumah pada menit keenam injury time lewat tembakan kerasnya yang tak mampu dihentikan oleh Lloris.

Berikutnya MU akan menjamu Burnley di Old Trafford pada Minggu pekan depan atau dua hari setelah Tottenham melawat ke markas Everton.

Namun, sebelum itu MU bakal lebih dulu melakoni leg kedua perempat final Liga Europa melawan Granada, Jumat dini hari pekan ini.

Baca juga: Lingard semakin cemerlang saat bantu West Ham taklukkan Leicester
Baca juga: Newcastle perbesar asa hindari degradasi selepas bangkit bekuk Burnley
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Chelsea, Liverpool ubah komposisi empat besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021