Jakarta (ANTARA) - Tottenham Hotspur membungkam Manchester City 2-0 dalam laga pekan kesembilan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, London, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB), untuk menanjak ke puncak klasemen sementara.

Gol Son Heung-min dan Giovani Lo Celso memastikan Tottenham memperpanjang catatan gemilang empat kemenangan beruntun atas City sejak Februari 2019, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Tottenham yang kini memiliki catatan nirkalah terpanjang di Liga Inggris dalam delapan pertandingan beruntun mengambil alih posisi puncak berbekal koleksi 20 poin dari tangan Chelsea (18) yang hanya beberapa jam mendudukinya.

Sedangkan City (12) yang menelan kekalahan keduanya musim ini tertahan di urutan ke-10 klasemen.

Baca juga: Mourinho bukan lagi "The Special One", tetapi "The Experienced One"

Son membuka keunggulan Tottenham hanya lima menit setelah sepak mula dengan memperdaya kiper Ederson Moraes setelah menerima umpan jauh kiriman Tanguy Ndombele.

Gol itu membuat penyerang Korea Selatan tersebut kini bercokol sendiri di pucuk daftar top skor Liga Inggris dengan koleksi sembilan gol.

Empat menit sesudahnya Son mengirim umpan tarik yang bisa diselesaikan ke dalam gawang oleh Harry Kane, tetapi gol itu dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Pada menit ke-28, Aymeric Laporte terlanjur melakukan selebrasi setelah menyontek bola sodoran Gabriel Jesus dan mengira berhasil menyamakan kedudukan.

Namun, gol itu dianulir setelah wasit Mike Dean meninjau tayangan ulang VAR dan menemukan fakta bahwa bola terlebih dulu mengenai lengan Jesus dalam proses serangan.

City kesulitan untuk mencari gol penyama kedudukan dan gawang mereka malah kembali jebol pada menit ke-65 oleh Lo Celso, yang baru saja masuk menggantikan Ndombele dan melepaskan tembakan keras menyelesaikan umpan sodoran Kane demi menggandakan keunggulan Tottenham.

Baca juga: Guardiola perpanjang kontrak dengan Manchester City hingga 2023

Tim tamu bahkan tak diberi kesempatan untuk memperoleh gol hiburan menandai kesepakatan Pep Guardiola memperpanjang kontrak beberapa hari lalu, sebab sundulan Ruben Dias yang berdiri tanpa kawalan mengarah tepat ke pelukan kiper Hugo Lloris dan sepakan Joao Cancelo melenceng di pengujung laga.

Di pertandingan pekan ke-10, City akan main pada Sabtu (28/11) menjamu Burnley di Etihad, sedangkan Tottenham baru tampil sehari berselang bertandang ke Stamford Bridge menghadapi Chelsea.

Sebelum itu, City akan lebih dulu melawat ke Yunani melawan Olympiakos dalam lanjutan Grup C Liga Champions pada Rabu (25/11) dan sehari kemudian Tottenham menjamu Ludogorets di Liga Europa.

Baca juga: Chelsea buka kelanjutan Liga Premier dengan rebut puncak klasemen
Baca juga: Brighton petik kemenangan perdana di Villa Park


Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Serge Aurier, Toby Alderweireld (Joe Rodon), Eric Dier, Sergio Reguilon; Moussa Sissoko, Pierre-Emile Hojbjerg; Son Heung-min, Tanguy Ndombele (Giovani Lo Celso), Steven Bergwijn (Lucas Moura); Harry Kane
Pelatih: Jose Mourinho

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Ruben Dias, Aymeric Laporte, Joao Cancelo; Kevin de Bruyne, Rodri Hernandez, Bernardo Silva (Phil Foden); Riyad Mahrez (Raheem Sterling), Gabriel Jesus, Ferran Torres
Pelatih: Pep Guardiola

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020