Padang (ANTARA) - Panjat tebing Silokek, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat menjadi salah satu nominator Anugerah Pariwisata Indonesia (API) 2020 kategori Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler.

"Silokek masih berpeluang besar untuk menjadi pemenang dalam kategori tersebut jika mendapatkan dukungan "vote" yang banyak dari masyarakat," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan panjat tebing merupakan salah satu dari sekian banyak bagian dari kegiatan olahraga mendaki gunung yang tidak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya. Dinding batu curam yang banyak terdapat di Silokek bisa memacu adrenalin pemanjat tebing untuk menundukkannya.

Sebenarnya panjat tebing hanya satu dari banyak keseruan yang bisa dinikmati wisatawan di Silokek Sijunjung. Banyak atraksi lain yang bisa dicoba seperti arung jeram. Bisa juga menikmati keindahan alam, fauna dan flora yang sangat kaya.

Baca juga: Menpora minta perencanaan olahraga rekreasi 2021 rampung akhir tahun
Baca juga: Digadang jadi pemikat wisatawan, "sport tourism" dikebut tahun depan


"Silokek punya keindahan alam yang eksotik, warisan geologi dan budaya serta memiliki keragaman fauna dan flora. Salah satu pemandangan yang menarik di Silokek adalah adanya aneka batuan yang terdiri dari kelompok batuan gamping, sedimen, metamorf, dan granit yang sebagian secara geologis diperkirakan berusia 359 juta tahun," kata Novrial.

Apalagi Silokek sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada tanggal 30 November 2018 dengan luas luas kawasan ± 1300 km2.

Novrial menyebut menjadi pemenang Anugrah Pariwisata Indonesia (API) 2020 akan menjadi promosi yang baik bagi Silokek untuk lebih dikenal dunia. Diharapkan saat pandemi berakhir kunjungan ke destinasi itupun akan meningkat.

"Vote" bisa diberikan melalui beberapa cara diantaranya melalui SMS Premium dengan mengetik keyword dan mengirim ke 99386. Dengan cara subscribe dan like video pariwisata di youtube channel APIaward. Lalu bisa juga dengan mengikuti akun Instagram @apiaward dan menlike gambar nominasi.

Kemudian bisa juga melalui web vote dengan membuka laman anugerahpesonaindonesia.com.

Baca juga: Lombok Utara deklarasikan diri jadi destinasi wisata olahraga
Baca juga: Presiden: Olahraga buka peluang Indonesia kembangkan "sport tourism"
Baca juga: Menpora sebut sport tourism bisa jadi kekuatan utama Indonesia

 

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020