Jakarta (ANTARA) - Alphabet Inc, perusahaan induk Google, bersedia membayar satu miliar dolar kepada media jurnalistik global untuk tiga tahun ke depan.

CEO Alphabet Inc, Sundar Pichai, dikutip dari Reuters, Jumat, menyatakan produk baru bernama Google News Showcase akan diluncurkan perdana di Jerman dan Brazil.

Koran di kedua negara tersebut yang sudah bergabung antara lain Der Spiegel, Stern, Die Zeit (Jerman), Folha de S. Paulo, Band dan Infobae (Brazil).

Media jurnalistik sudah lama berkutat dengan isu konten yang dimuat di mesin pencari Google, penerbit dari Eropa memimpin pergerakan untuk meminta kompensasi ke Google karena menggunakan konten mereka.

"Komitmen finansial ini, yang terbesar bagi kami saat ini, akan membayar penerbit untuk membuat dan mengkurasi konten berkualitas tinggi untuk pengalaman berbeda membaca berita secara dalam jaringan," kata Pichai.

Google News Showcase juga akan diluncurkan di Belgia, Belanda dan India. Sekitar 200 media asal Argentina, Australia, Inggris Raya, Jerman, Kanada mendaftar untuk produk ini.

Penerbit bisa memilih dan memunculkan berita-berita mereka lewat produk ini.

Pichai mengatakan Google News Showcase berbeda dengan produk berita lain karena setiap media bisa memilih berita apa yang ditayangkan di sana dan bagaimana cara mereka mempresentasikan berita tersebut.

Baca juga: Google akan bayar konten berita senilai Rp14,8 T selama tiga tahun

Baca juga: Google Maps uji coba mode gelap

Baca juga: Google akan perketat pajak aplikasi untuk pengembang

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2020