Jakarta (ANTARA) - Hattrick Jamie Vardy dan dua gol dari James Maddison serta Youri Tielemans membawa Leicester City mencatat kemenangan sangat meyakinkan 5-2 atas Manchester City Minggu malam tadi dan membuat mereka tetap memuncaki Liga Premier dengan nilai maksimum sembilan poin dari tiga pertandingan.

City tak pernah kebobolan lima gol di kandang sendiri sejak Februari 2003 saat melawan Arsenal dan ini adalah pertama kalinya City pada era kepelatihan Pep Guardiola kebobolan lima gol tepatnya pada pertandingan ke-686 di bawah asuhan dia.

Absennya duet striker Gabriel Jesus dan Sergio Aguero karena cedera membuat City kehilangan ketajaman ketika Raheem Sterling terlihat tidak nyaman dengan posisi sendirian di depan, sebaliknya pertahanan yang lemah tak mampu membendung serangan cepat nan maut dari Leicester.

Namun demikian City terlihat mengendalikan permainan setelah tendangan voli Riyad Mahrez ke gawang bekas timnya itu membawa tuan rumah unggulan pada menit keempat pada saat Leicester jarang bisa menembus separuh lapangannya sendiri pada saat-saat awal pertandingan.

Mahrez melepaskan tendangan yang tak bisa dihentikan penjaga gawang Kasper Schmeichel setelah tim tamu gagal menyapu tendangan penjuru namun Vardy membalikkan pertandingan ini dari dua tendangan penalti dan sebuah finis dari belakang tumit.

Baca juga: Newcastle curi satu poin dari Tottenham berkat penalti menit akhir

Sang striker menyarangkan tendangan penalti pertama ke sudut atas kanan gawang pada menit ke-37 setelah dia dilanggar Kyle Walker dan membawa Leicester balik memimpin pada menit ke-54 setelah melepaskan tendangan rendah yang meneruskan umpan Timothy Castagne dari sektor kanan.

Vardy menuntaskan hattrick-nya empat menit kemudian dari tendangan penalti kedua  setelah memasukkan bola ke sudut bawah kiri gawang  setelah Eric Garcia menjatuhkan dia di kotak penalti.

Pemain pengganti Maddison mengubah kedudukan menjadi 4-1 ketika dia melepaskan tendangan melengkung yang ciamik dari jarak 20 meter ke sudut atas kiri gawang sebelum bek tengah Nathan Ake membawa City memperkecil kedudukan lewat sundulannya.

Setelah Vardy dipapah keluar lapangan karena mengalami cedera hamstring pada menit-menit terakhir, Tielemans mengonversi penalti ketiga Leicester dalam menit ke-88 untuk menyegel kemenangan meyakinkan tim tamu.

Kekalahan ini mengakhiri perjalanan 11 pertandingan tanpa kalah City di liga sejak musim lalu, selain juga menjadi kekalahan pertama mereka dalam pertandingan pembukanya sejak kalah 1-2 melawan Southampton pada 1989, demikian Reuters.

Baca juga: Gol pengujung laga menangkan Leeds di markas Sheffield

Leicester kini duduk sementara di puncak klasemen liga Inggris dengan sembilan poin, sedangkan posisi dua ditempati Everton dengan jumlah poin yang sama tetapi kalah selisih gol Sementara Manchester City menempati  peringkat 13 dengan sekali menang dan sekali kalah dengan tiga poin.

Susunan pemain:
Manchester City (4-2-3-1):
Ederson; Kyle Walker, Eric Garcia, Nathan Ake, Benjamin Mendy; Fernandinho (51' L. Delap), Rodri; Phil Foden, Kevin De Bruyne, Raheem Sterling; Riyad Mahrez.

Leicester City (3-4-3 ): Kasper Schmeichel; Daniel Amartey Jonny Evans (80' C. Fuchs), Caglar Soyuncu; Timothy Castagne, Nampalys Mendy, Youri Tielemans, James Justin; Dennis Praet (69' J. Maddison), Harvey Barnes; Jamie Vardy (85' K. Iheanacho).

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2020