Jakarta (ANTARA) - Andrea Dovizioso menegaskan dominasi Ducati di Sirkuit Red Bull Ring pada akhir pekan lalu dengan mempersembahkan kemenangan kelima pabrikan Borgo Panigale itu di Austria.

Desmosedici menjadi satu-satunya mesin juara di Austria sejak Red Bull Ring masuk kembali ke kalender MotoGP pada 2016 lalu, tiga dari lima trofi itu dipersembahkan oleh pebalap asal Italia itu.

Setelah hasil kualifikasi terburuk dan balapan yang berat di Brno, Dovizioso membalas kekecewaannya pada Minggu lalu di Spielberg untuk mempersembahkan kemenangan ke-50 bagi Ducati.

Pebalap bernomor 4 itu sekali lagi menjadi favorit juara di Grand Prix Styria yang digelar di sirkuit yang sama dan dengan podium atau tidak itu akan menjadi balapan ke-900 di kelas premier bagi Dovi.

Jack Miller sebenarnya menjadi pebalap Ducati terdepan hari itu, namun pemilihan bannya setelah restart balapan, menyusul insiden kecelakaan Johann Zarco dan Franco Morbidelli, menyebabkan ia kehilangan posisi runner-up di tikungan terakhir jelang finis.


Baca juga: Dovizioso juarai GP Austria setelah kecelakaan sempat menunda lomba

Joan Mir membuktikan Suzuki sebagai kuda hitam di Austria setelah merebut podium pertamanya bagi pabrikan asal Hamamatsu itu dan bakal tak segan kembali mengulangi capaiannya itu.

Rekan satu timnya, Alex Rins juga muncul sebagai ancaman kendati masih memulihkan diri dari cedera bahu. Rins menunjukkan kecepatannya dan bahkan sempat memimpin lomba sebelum terjatuh.

Jangan lupakan KTM, yang juga tampil sebagai penantang serius di sirkuit kandang mereka itu.

Pol Espargaro membawa motor pabrikan asal Austria itu tercepat di sesi latihan bebas namun prospek itu seketika runtuh ketika pebalap asal Spanyol itu mengulangi kesalahan yang ia lakukan di Brno dan bertubrukan dengan pebalap KTM lainnya, Miguel Oliveira (KTM Tech 3), dan keduanya terjatuh.

Kedua pebalap itu, akan tetapi, tampil cepat dan memiliki tiket kedua untuk bertarung di depan lagi.


Meski demikian, KTM melakukan selebrasi di garasi mereka ketika rookie Brad Binder finis P4 setelah mengawali balapan dari P17 sebelum restart.

Pebalap asal Afrika Selatan itu satu pekan sebelumnya juga merebut kemenangan perdananya di MotoGP sekaligus untuk KTM di Republik Ceko.

Pengalaman di GP Austria pekan lalu dan motor yang cukup kompetitif akan menjadi bekal bagi Binder akhir pekan nanti.

Baca juga: Bakal pisah dengan Ducati, Dovizioso belum miliki rencana B

Sementara itu Yamaha boleh jadi garang di babak kualifikasi ketika Maverick Vinales dan Fabio Quartararo mengamankan posisi start dari baris terdepan, namun di balapan mereka kewalahan menandingi kecepatan rival-rivalnya.

Vinales sempat terganjal masalah teknis hingga melorot ke posisi paling belakang sebelum memanfaatkan waktunya untuk memperbaiki posisinya.

Justru Valentino Rossi yang tampil konsisten di beberapa balapan terakhir muncul sebagai pebalap Yamaha tercepat hari itu dengan finis P5.

Morbidelli, setelah terlibat insiden yang menyebabkan bendera merah dikibarkan, juga masih menjadi penantang utama di rombongan terdepan nanti.


Baca juga: Pesan Rossi pascatabrakan mengerikan di GP Austria

Sedangkan Honda belum akan menurunkan Marc Marquez di balapan seri keempat nanti karena juara bertahan itu masih memulihkan diri dari cedera tulang humerus.

Takaaki Nakagami akan sekali lagi menjadi andalan Honda, setelah finis P6 pekan lalu dan tampil solid di musim ini.

Pengalaman pebalap Jepang itu akan jadi masukan berharga juga bagi rookie Alex Marquez dan test rider Stefan Bradl. Cal Crutchlow juga akan berharap bangkit ketika ia pulih dari cedera tulang skafoid, yang juga dialami oleh Johann Zarco sekarang.

Pebalap Prancis itu menjalani operasi tulang skafoid menyusul insiden dengan Morbidelli. Kedua pebalap akan menghadap ke para steward pada Kamis nanti.

Di atas trek yang menjadi teritori Ducati, Andrea Dovizioso memiliki peluang untuk mengejar bahkan mengungguli pemuncak klasemen Fabio Quartararo yang kini berjarak 11 poin di musim MotoGP yang terbukti sulit diprediksi tahun ini.

GP Styria akan didahului oleh sesi latihan bebas pada Jumat sebelum balapan yang digelar pada Minggu pukul 19:00 WIB.

Baca juga: Zarco akan operasi pergelangan tangan setelah kecelakaan di Austria
Baca juga: Bakal pisah dengan Ducati, Dovizioso belum miliki rencana B

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2020