Dari hasil rekaman "lightning detector", pada periode satu pekan ini, daerah yang memiliki kategori sambaran petir tinggi berada di daerah Deli Serdang
Deli Serdang, Sumut (ANTARA) - Sambaran petir pada pekan kedua atau periode 10 hingga 16 Agustus 2020 di wilayah Sumatra Utara, berdasarkan rekaman peralatan "lightning detector " menurut BMKG Stasiun Geofisika Kelas 1 Deli Serdang tercatat sebanyak 17.167 kali.

Kepala Stasiun Geofisika Deli Serdang, Teguh Rahayu melalui keterangan di Deliserdang, Sumatera Utara, Senin mengatakan klasifikasi tingkat sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu dengan dengan kategori rendah, sedang dan tinggi.

Dari hasil rekaman "lightning detector", pada periode satu pekan ini, daerah yang memiliki kategori sambaran petir tinggi berada di daerah Deli Serdang.

Sedangkan daerah yang memiliki kategori sambaran petir sedang berada di daerah Karo, Langkat, Medan, Serdang Bedagai, dan Simalungun.

Dominasi sebaran petir dengan kategori rendah berada di wilayah Asahan, Batubara, Binjai, Dairi, Gunungsitoli, Humbang Hasundutan, Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal.

Kemudian Nias, Nias Barat, Nias Selatan, Nias Utara, Padanglawas, Padanglawas Utara, Padangsidempuan, Pakpak Bharat, Pematan Siantar, Samosir, Sibolga, Tanjung Balai, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Tebing Tinggi, dan Toba Samosir.

Ia juga menyampaikan aktivitas petir di pekan kedua Agustus 2020 sebanyak 17.167 kali, mengalami peningkatan terhadap kejadian petir di akhir Juli 2020 yang sebanyak 15.927 kali.

Kepada masyarakat yang berada di wilayah dengan tingkat aktivitas petir sedang dan tinggi juga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan ketika berada di luar rumah, di atas gedung bertingkat, di dekat tower listrik atau antena, dan pepohonan yang tinggi.

Teguh Rahayu meminta masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, website tageof.deliserdang.bmkg.go.id, Telp./Whatsapp 0811-6041-720, Instagram @bmkg_deliserdang, dan email geofisikatuntungan@gmail,com.

Baca juga: BMKG prediksi hujan disertai petir melanda sejumlah wilayah di Sumut

Baca juga: 15.927 petir landa di Sumatera Utara akhir Juli

Baca juga: Warga Sumatera Selatan diminta waspada hujan lebat disertai petir

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020