Jakarta (ANTARA) - Start Grand Prix Styria bagi Charles Leclerc akan semakin sulit setelah pebalap Ferrari itu diganjar penalti mundur tiga posisi grid karena dianggap menghalangi pebalap Alpha Tauri Daniil Kvyat ketika kualifikasi di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Sabtu.

Leclerc mengakhiri kualifikasi yang diguyur hujan lebat itu di P11 dan pada Minggu ia akan start dari P14 setelah steward mendapatinya menghalangi Kvyat di Q2, demikian laman resmi F1.

Mundurnya posisi sang pebalap Monako itu mengakibatkan George Russell dari tim Williams maju satu posisi ke P11, sementara Lance Stroll dan Kvyat juga naik satu strip.

Baca juga: Hujan lebat di kualifikasi, Hamilton rebut pole position GP Styria
Baca juga: Tampil disiplin, Sean Gelael finis sepuluh besar di GP Styria


"Bukti video dan data telemetri menunjukkan secara jelas jika pebalap nomer 26 (Kvyat) terhalang olah mobil 16 (Leclerc) di Tikungan 9 dan 10," demikian pernyataan steward.

"Walaupun kondisi cuaca kemungkinan mempengaruhi visibilitas di kaca spion dan pebalap tidak bermaksud menghalangi mobil lain, para Steward memutuskan jika mobil 16 seharusnya tahu jika mobil 26 mendekat, bisa bereaksi berbeda dan oleh karena itu menjatuhkan penalti tersebut di atas."

Leclerc juga dipanggil menghadap steward untuk membahas dugaan pelanggaran ketika bendera merah dikibarkan, menyusul kecelakaan Antonio Giovinazzi, tapi ofisial tidak memberi keputusan apapun.

Lando Norris juga mendapat penalti mundur tiga posisi start karena kedapatan tidak memperlambat mobilnya ketika bendera kuning dikibarkan di sesi latihan, Jumat.

Pebalap McLaren itu finis P6 di kualifikasi dan harus mundur ke P9, menguntungkan Alexander Albon (Red Bull), Pierre Gasly (AlphaTauri) dan Daniel Ricciardo (Renault) yang masing-masing naik satu posisi.

Baca juga: Norris ternyata menahan sakit di sesi latihan bebas GP Styria
Baca juga: FIA peringatkan Ferrari menyusul pelanggaran protokol COVID-19


Sementara Lewis Hamilton dengan cekatan menjinakkan mobil Mercedes W11-nya ketika cuaca buruk di kualifikasi itu untuk merebut pole position.

Berikut starting Grid Grand Prix Styria
1. Lewis Hamilton (Mercedes)
2. Max Verstappen (Red Bull)
3. Carlos Sainz (McLaren)
4. Valtteri Bottas (Mercedes)
5. Esteban Ocon (Renault)
6. Alex Albon (Red Bull)
7. Pierre Gasly (Alpha Tauri)
8. Daniel Ricciardo (Renault)
9. Lando Norris (McLaren)
10. Sebastian Vettel (Ferrari)
11. George Russell (Williams)
12. Lance Stroll (Racing Point)
13. Daniil Kvyat (Alpha Tauri)
14. Charles Leclerc (Ferrari)
15. Kevin Magnussen (Haas)
16. Kimi Raikkonen (Alfa Romeo)
17. Sergio Perez (Racing Point)
18. Nicholas Latifi (Williams)
19. Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo)
20. Romain Grosjean (Haas)
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020