"Untuk tetap mengoptimalkan layanan Rute 1B (St Palmerah-Tosari) dan Rute 3F (Gelora Bung Karno-Kalideres) dialihkan sementara
Jakarta (ANTARA) - PT TransJakarta menambah pengalihan rute layanan penumpang akibat aksi massa Front Pembela Islam (FPI) di depan Gedung DPR/MPR RI pada rute 1B (St Palmerah-Tosari) dan Rute 3F (Gelora Bung Karno-Kalideres).

"Untuk tetap mengoptimalkan layanan Rute 1B (St Palmerah-Tosari) dan Rute 3F (Gelora Bung Karno-Kalideres) dialihkan sementara," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas TransJakarta Nadia Disposanjoyo dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Beberapa halte atau pun bus stop yang tidak dapat melayani penumpang untuk sementara waktu dari arah Halte Stasiun Palmerah untuk rute 1B adalah sebagai berikut:

1. Halte Tosari
2. Halte Dukuh Atas
3. Halte Karet
4. Halte JCC senayan
5. Bus stop DPR 1
6. Bus Stop Manggala

Oleh karena itu, untuk rute 1B mengarah ke Halte Stasiun Palmerah selama demonstrasi di DPR RI masih berlangsung dilakukan pengalihan arus.

"Selepas bundaran HI armada tidak masuk pelayanan kembali di Halte Tosari arah Stasiun Palmerah. Bus melintasi jalur regular dan turun ke bawah arah Halte Dukuh Atas 2, kemudian belok kiri ke arah Hotel Shangrilla dan lurus ke Jalan Pejompongan sampai ke Stasiun Palmerah," ujar Nadia.

Sementara untuk layanan bus 1B yang mengarah ke Tosari layanan tetap beroperasi secara normal setelah melewati Stasiun Palmerah.

Untuk rute 3F, TransJakarta melakukan pengalihan rute sementara arah Kalideres tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan.

Awalnya, petugas TransJakarta mengalihkan arus untuk koridor 9 Pinang Ranti-Pluit tidak melewati dua halte seperti rute 3F.

Sebelumnya, Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya berupaya tidak menerapkan pengalihan arus kendaraan saat Front Pembela Islam (FPI) berunjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat.

"Kita akan upayakan agar tidak ada pengalihan arus dan situasional," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo.

Namun, Sambodo menuturkan petugas akan mengalihkan arus kendaraan jika massa berunjuk rasa memenuhi jalan yang berdampak terhadap kepadatan lalu lintas di sekitar Gedung DPR/MPR RI.

FPI dan sejumlah ormas yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti Komunis menggelar demonstrasi di depan gedung DPR/MPR RI untuk mendesak pemerintah dan DPR RI menghentikan pembahasan soal Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

Baca juga: Transjakarta alihkan rute koridor 9 imbas demo FPI
Baca juga: TransJakarta kembali buka rute layanan shuttle bus gratis di Kota Tua
Baca juga: Jatuh bangun transportasi publik Ibu Kota di tengah badai COVID-19

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020