Saya rasa saya bisa menghadapinya dengan baik
Jakarta (ANTARA) - Juan Carlos Unzue, yang sempat mendampingi Luis Enrique sebagai asisten pelatih di Barcelona, mengumumkan ia mengidap penyakit neurologis langka yakni sklerosis lateral amiotrofik atau ALS.

Unzue mengaku ia mendapat diagnosa dokter terkait ALS yang diidapnya sejak Februari lalu, demikian disampaikannya dalam konferensi pers di Camp Nou pada Kamis.

Pegiat sepak bola berusia 53 tahun itu mengaku berharap bisa ikut meningkatkan pemahaman khalayak umum terhadap ALS, penyakit yang hingga saat ini belum ditemukan obatnya itu.

"Saya rasa saya bisa menghadapinya dengan baik," kata Unzue sebagaimana dilansir Reuters, Kamis.

"Saya merasa punya priviliege bisa menjalani hidup yang sudah saya lewati sejauh ini, dan sekarang saya merasa terhormat bisa ikut meningkatkan pemahaman masyarakat akan ALS, penyakit yang bisa menjangkiti siapapun," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Luis Enrique umumkan putrinya yang idap kanker tulang berpulang
Baca juga: Luis Enrique resmi kembali besut timnas Spanyol


Unzue menghadiri konferensi pers itu bersama Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan pelatih kepala tim nasional Spanyol sekaligus bekas bos Unzue, Luis Enrique.

Unzue mendampingi Enrique selama tiga harun di Barcelona, membantu memenangi sembilan trofi, termasuk Liga Champions 2015.

Selama masih berkarier sebagai pemain, Unzue berposisi penjaga gawang untuk Barcelona dan Sevilla. Setelah berpisah dari Barcelona Unzue sempat menangani Celta Vigo selama musim 2017/18.

Pekerjaan terakhir Unzue adalah sebagai manajer Girona di Divisi Segunda (kasta kedua Liga Spanyol), sebelum dipecat pada Oktober 2019 lalu.

Baca juga: Luis Enrique geli lihat laga sepakbola tanpa penonton
Baca juga: Barcelona kembali perlebar jarak keunggulan usai atasi Leganes
Baca juga: Pembatasan ketat tak jadi halangan fans Messi masuk ke lapangan

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020