Jakarta (ANTARA) - Klub-klub dua divisi atas sepak bola Spanyol boleh memulai lagi latihan dalam kelompok-kelompok kecil Senin pekan depan di tengah upaya mereka memajukan fase ketiga protokol melanjutkan kembali aktivitas setelah diganggu oleh pandemi COVID-19, kata seorang sumber yang mengetahui masalah ini seperti dikutip Reuters, Minggu.

Sumber itu menyebutkan bahwa badan pengelola La Liga sudah memberi tahu klub-klub bahwa mereka bisa memulai latihan secara berkelompok sampai maksimal 10 orang mulai 18 Mei menyusul perintah yang dikeluarkan departemen kesehatan setempat pada Sabtu, yang memodifikasi pedoman untuk atlet-atlet elite.

Baca juga: Bisa berlatih lagi, Savic rasakan keriangan bak bocah

Para pemain dari semua klub divisi utama dan kedua telah kembali ke pusat pelatihannya belum lama bulan ini untuk pertama kali sejak semua sepak bola profesional di Spanyol dihentikan sementara awal Maret silam karena pandemi itu namun hanya bisa berlatih sendiri-sendiri.

Mereka akan masuk ke fase terakhir untuk beraktivitas lagi Senin pekan depan, sedangkan latihan penuh atau fase keempat, akan dibolehkan begitu semua daerah masuk fase kedua keadaan darurat nasional.

Baca juga: Presiden La Liga optimistis klub Spanyol bisa kembali latihan awal Mei

Presiden La Liga Javier Tebas menyatakan pekan lalu bahwa dia berharap bisa melanjutkan lagi kompetisi mulai 12 Juni tetapi agar hal itu terjadi maka semua daerah di mana pertandingan diadakan harus masuk fase dua.

Provinsi Madrid dan Barcelona saat ini berada pada fase nol dalam keadaan darurat itu yang berarti pemuncak klasemen La Liga Barcelona dan penguntit terdekatnya Real Madrid tidak akan bisa bermain sambil pembatasan dilonggarkan.

Baca juga: Pemain-pemain Barcelona mulai berlatih lagi Jumat ini
Baca juga: Para pemain Real Madrid kembali jalani latihan di fasilitas klub

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020