Jakarta (ANTARA) - Membuat perawatan wajah sendiri atau DIY skincare, akhir-akhir ini menjadi populer semenjak diberlakukannya karantina mandiri atau imbauan untuk berada di rumah saja.

Ahli dermatologi pun mengakui bahwa membuat produk perawatan wajah sendiri di rumah, sesungguhnya dapat memberikan manfaat tersendiri.

"Membuat produk perawatan kulit di rumah, adalah cara yang bagus untuk menenangkan pikiran dan mengalihkan perhatian dari situasi saat ini," ujar ahli dermatologi bersertifikat di California, Ava Shamban, seperti dikutip dari Allure.

Baca juga: Inilah alasan kenapa tidak boleh sering mencuci wajah

Baca juga: Alami masalah kulit, berikut tips pilih produk perawatan


Hal serupa juga dikatakan oleh ahli dermatologi bersertifikat di Connecticut Mona Gohara. Kendati demikian, Gohara memperingatkan bahwa ada bahan-bahan yang seharusnya dihindari ketika Anda hendak membuat produk perawatan kulit sendiri.

"Bahan-bahan ini bisa membahayakan kulit, dibandingkan membuat kulit Anda sehat," ujar Gohara.

Berikut ini adalah lima bahan yang seharusnya tidak digunakan dalam membuat produk perawatan wajah sendiri.

1. Lemon dan buah asam lainnya

Meskipun banyak yang menyebutkan sari lemon dan sitrus berkhasiat untuk mencerahkan kulit, namun para ahli dermatologi tidak menyarankan penggunaan lemon langsung ke kulit wajah.

"Sifat asam lemon dapat menyebabkan phytophotodermatitis, reaksi peradangan di kulit yang tidak hanya membuat kulit terasa terbakar namun juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi," ujar ahli demartologi bersertifikat di New York, Rita Linkner.

Baca juga: "Niacinamide", jawaban dari masalah kulitmu

Baca juga: Lima alasan untuk selalu mencuci wajah sebelum tidur

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020