Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginstruksikan kepada seluruh jajaran pengurus Partai Demokrat dan anggota legislatifnya di pusat dan daerah untuk melaksanakan identifikasi kelompok masyarakat yang terkena dampak wabah virus corona (COVID-19) secara sosial dan ekonomi.

"Saya menginstruksikan pelaksanaan identifikasi kelompok masyarakat yang terdampak wabah COVID-19 secara sosial dan ekonomi, termasuk adik-adik kita yang yatim piatu, kalangan fakir miskin, lanjut usia, dan kelompok disabilitas, terutama yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setempat," ujar AHY dalam surat yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal itu tercantum dalam Instruksi Ketua Umum DPP Partai Demokrat Nomor 03/INSTRUKSI/DPP-PD/IV/2020 tentang Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi.

Baca juga: AHY rampingkan jumlah departemen DPP Demokrat 2020-2025

Kegiatan identifikasi kelompok masyarakat itu ditujukan untuk memudahkan pendistribusian bantuan sosial dari Partai Demokrat secara cepat dan tepat sasaran dalam kegiatan lanjutan Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi.

Lebih lanjut, AHY juga menginstruksikan agar pengurus Partai Demokrat melakukan pengumpulan dana secara swadaya dan kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) sesuai kemampuan masing- masing.

Adapun jenis dan variasi bantuan sembako disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan di daerah masing-masing.

Baca juga: Pengamat ungkap makna komposisi Pengurus DPP Demokrat versi AHY

Kemudian, ia meminta agar pelaksanaan pendistribusian bantuan itu nanti diberikan secara adil dan merata sesuai dengan hasil pemetaan kelompok masyarakat yang telah dilakukan.

Selain itu, AHY juga menginstruksikan setiap pengurus dalam melaksanakan Gerakan Nasional Partai Demokrat Peduli dan Berbagi agar mengutamakan keselamatan diri masing-masing.

AHY juga meminta khusus kepada Ketua Fraksi PD DPR-RI, Ketua Fraksi PD DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota agar membantu pemerintah dalam melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak dan mendorong pemulihan perekonomian negara.

Baca juga: Fraksi Demokrat tarik diri pembahasan RUU Ciptaker

Mengawasi penggunaan anggaran dan pendistribusian bantuan pemerintah pusat dan daerah agar tepat sasaran, transparan dan akuntabel, sesuai prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara, undang-undang dan peraturan yang berlaku.

Melakukan dokumentasi dan publikasi semua kegiatan yang terkait dengan Gerakan Nasional ini melalui media massa dan media sosial, untuk menginspirasi masyarakat secara luas.

AHY mengapresiasi semangat, partisipasi dan kontribusi seluruh kader dan simpatisan Partai Demokrat dalam melaksanakan kegiatan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Demokrat Lawan Corona.

"Kita menyadari bahwa dampak dari COVID-19 ini sangat buruk bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat," kata AHY.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020