Jakarta (ANTARA) - Pangeran Harry dan istrinya Meghan markle memberikan sejumlah uang sebagai bentuk donasi untuk penanganan wabah virus corona baru (COVID-19) di Inggris.

Pasangan ini menyumbangkan seluruh keuntungan yang diterima dari siaran pernikahan kerajaan mereka, untuk memberi bantuan pangan kepada keluarga yang terdampak selama pandemi ini berlangsung, sebagaimana dilaporkan laman ChannelNewsAsia dikutip Minggu.

Pasangan ini memberikan donasi sebesar 112 ribu dolar (sekitar Rp1,7 miliar) melalui Feeding Britain, organisasi di Inggris yang berupaya mengurangi kelaparan di negara tersebut.

Menurut beberapa laporan, telah disepakati bahwa kelebihan dana yang dihasilkan dari pernikahan kerajaan akan digunakan untuk amal yang dipilih oleh pasangan tersebut. Selain itu, Uskup Agung Canterbury - yang meresmikan pernikahan Harry dan Meghan - adalah presiden Feeding Britain.

Pasangan Harry dan Meghan juga terlihat menjadi sukarelawan selama dua hari untuk membantu organisasi Los Angeles Project Angel Food. Mereka mengirimkan makanan dan sejumlah barang kepada pasien penyakit kritis yang dibantu oleh organisasi tersebut.

Sementara itu, miliarder Inggris Hugh Grosvenor yang juga dikenal sebagai Duke of Westminster, menyumbang 12,5 juta dolar (sekitar Rp193 miliar) untuk upaya bantuan virus corona di Inggris. Grosvenor adalah teman dekat Pangeran William dan Kate Middleton yang dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh orang tua babtis Pangeran George.

Dari 12,5 juta dolar yang disumbangkan, sebanyak 6,2 juta dolar (sekitar Rp95 miliar) akan diberikan kepada NHS Charities Together untuk membuat sebuah yayasan yang mendukung para pekerja di layanan kesehatan nasional dan keluarga mereka. Kemudian sebanyak 3,8 juta dolar (sekitar Rp58 miliar) akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan medis virus corona.

Sisanya sebanyak 2,5 juta dolar (sekitar Rp38 miliar) akan digunakan untuk amal dan organisasi yang membantu orang-orang yang menghadapi dampak ekonomi dan sosial terbesar dari pandemi virus corona.

Baca juga: Corona, Putri Beatrice batalkan rencana pernikahannya

Baca juga: Demi Meghan, Pangeran Harry akan berhenti berburu

Baca juga: Pangeran Harry - Meghan Markle buat yayasan dengan nama anak

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020