Jakarta (ANTARA) - Lazada merayakan hari ulang tahun yang kedelapan via live streaming memanfaatkan teknologi "shoppertainment", berkonsep penggabungan pengalaman belanja online dengan unsur hiburan, demi alasan keamanan kesehatan serta guna menggaet lebih banyak konsumen di masa physical distancing pada pandemi virus corona baru (COVID-19).

"Perayaan ulang tahun Lazada, menjadi lebih berarti tahun ini, dikarenakan konsumen kami banyak yang harus melakukan aktivitas keseharian di dalam rumah, sesuai dengan tema kami #SemuaAdaDiRumah," kata Monika Rudijono, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu.

"Kami senang sekali melihat teknologi shoppertainment kami, telah memungkinkan konsumen kami untuk dapat tetap menikmati beragam hiburan seperti livestream gameshow menarik dan juga konser Birthday Show sembari berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka," kata Monika.

HUT Lazada diharapkan menjangkau lebih dari 1,3 juta orang dengan penjual (sellers) yang berpartisipasi meningkat tiga kali lipat dibanding tahun lalu.

Sebelumnya, pada 26 Maret 2020 Lazada mengadakan Lazada Birthday Show tanpa kehadiran fisik penonton dengan penampilan khusus dari Ardhito Pranomo, Agnez Mo, Afghan, Dewi Persik, serta Slank. Program disiarkan secara langsung melalui kecanggihan teknologi live streaming di platform dan aplikasi Lazada, dan berhasil menarik lebih dari 500,000 penonton.

Baca juga: Lazada siap penuhi kebutuhan di tengah "social distancing"

Baca juga: Tiga produk ini paling diburu saat belanja online jelang Lebaran


Selama masa physical distancing, barang-barang elektronik masih menjadi primadona di Lazada, namun ada juga kenaikan jumlah transaksi pada produk-produk kesehatan dan juga kebersihan.

Hal tersebut terlihat dari peningkatan transaksi di produk-produk kategori kesehatan seperti vitamin dan juga produk-produk kebersihan rumah tangga, seperti sabun pencuci perabot rumah tangga dan sabun pembersih lantai.

Lazada juga memberikan donasi sebesar 100.000 dolar AS (setara dengan Rp1,6 miliar) yang disalurkan melalui mitra Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk membantu pencegahan penyebaran wabah COVID-19. Konsumen Lazada juga dapat turut berdonasi melalui laman BAZNAS di platform Lazada.

Hingga saat ini Lazada memiliki 500 karyawan di Jakarta dengan lebih dari 7.000 brand local yang tersedia di platform tersebut.

Baca juga: Gamis syar'i paling dicari di Lazada

Baca juga: Gratis ongkos kirim, alasan utama belanja online

Baca juga: Tokopedia dan Lazada bicara tentang PP "e-commerce"

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020