Jakarta (ANTARA) - Sutradara film kondang asal Jepang, Nobuhiko Obayashi, dilaporkan telah meninggal dunia pada Jumat (10/4) malam karena kanker yang ia derita sejak tahun 2016, dilaporkan perwakilannya, dikutip dari Deadline, Sabtu.

"Sutradara Obayashi melawan penyakitnya hingga hari perilisan filmnya yang dijadwalkan. Beristirahatlah dengan tenang, sutradara Obayashi, Anda yang sangat menyukai film sehingga Anda terus membuatnya," kata pengumuman itu.

Film terakhirnya, "Labyrinth of Cinema" (2019) yang telah diputar di sejumlah festival film internasional, direncanakan untuk tayang di bioskop Jepang pada bulan ini, namun harus diundur menyusul penutupan bioskop karena pandemi virus corona baru (COVID-19).

Obayashi memiliki lebih dari 40 film dan ribuan acara TV, iklan, dan video lainnya yang telah ia buat.

Film-film populernya termasuk "House" (1977) dan "Hanagatami" yang dirilis pada 2017, menceritakam sebuah kisah cinta muda yang digagalkan oleh perang.

Obayashi lahir pada tahun 1938, ia memulai kecintaannya kepada film sejak ia mendapatkan kamera 8 mm pertamanya dari sang ayah.

Sutradara kawakan itu meninggalkan seorang istri, Kyoko Obayashi, yang merupakan seorang aktris dan produser film, dan anak perempuan Chigumi, seorang aktris.


Baca juga: Komedian Jepang Ken Shimura meninggal dunia karena corona

Baca juga: Manusia tertua di dunia meninggal dunia di usia 112 tahun

Baca juga: Johnny Kitagawa, bos agensi hiburan Jepang meninggal di usia 87 tahun

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020