Dana mitigasi yang diberikan untuk menyelamatkan UMKM yang terdampak secara langsung oleh pandemi COVID-19 ini akan sangat bermanfaat bagi rakyat kecil apabila tepat sasaran
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mengapresiasi langkah pemerintah yang memberikan dana stimulus kepada para pelaku UMKM terkait penanggulangan dampak COVID-19 terhadap kondisi perekonomian nasional.

"Dana mitigasi yang diberikan untuk menyelamatkan UMKM yang terdampak secara langsung oleh pandemi COVID-19 ini akan sangat bermanfaat bagi rakyat kecil apabila tepat sasaran," kata Herman Khaeron dalam rilis di Jakarta, Jumat.

Politisi Fraksi Partai Demokrat itu juga mengingatkan bahwa Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki sudah berjanji akan menyebarkan insentif tersebut seluas mungkin.

Baca juga: Pemerintah beri penundaan bayar cicilan KUR selama enam bulan

Hal tersebut, lanjutnya, akan sangat bermanfaat terutama bagi sekitar 64 juga unit usaha kecil yang tersebar di berbagai wilayah di Nusantara.

Ia berpendapat bahwa selama ini Kemenkop UKM tidak bisa melakukan tugasnya secara maksimal karena anggaran yang diberikan melalui APBN untuk bantuan yang berhubungan langsung kepada masyarakat ini terbilang sangat minim.

Untuk itu, ujar dia, diharapkan dengan adanya dana stimulus bakal dapat lebih diandalkan sebagai penggerak utama pembangunan ke depannya.

Baca juga: Pemerintah perlu segera terbitkan juknis relaksasi penundaan cicilan

Baca juga: Presiden pastikan ada stimulus ekonomi untuk UMKM terdampak COVID-19




 

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020