Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Sandiaga Uno mengajak pemerintah menggalakkan produksi alat pelindung diri (APD) buatan Indonesia karena pengusaha di negeri ini mampu memproduksi APD sendiri untuk kebutuhan penanganan medis di Tanah Air.

"Saat ini adalah saat yang tepat untuk memberikan dukungan penuh (menggalakkan) produksi nasional terutama untuk sektor kesehatan seperti APD tersebut. Ayo kita dorong pengusaha anggota Kamar Dagang Industri (Kadin) produksi sendiri. Kita punya kok kemampuan," kata Sandiaga lewat konferensi pers digital di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Sandiaga: Jaga kemudahan bisnis UMKM di tengah COVID-19

Wakil Ketua Bidang UMKM, Koperasi, dan Ekonomi Kreatif Kadin itu pun mengajak pemerintah ke depan lebih memperhatikan produksi industri nasional di sektor kesehatan.

"Dengan demikian, teman-teman yang memproduksi APD ini mendapat insentif agar kita memiliki kekuatan untuk memiliki produksi dalam negeri yang sangat kita butuhkan sekarang," kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno nilai wabah corona peluang perkuat pangan dalam negeri

Ia menambahkan kalau semua APD yang dibutuhkan tenaga medis sebetulnya diproduksi di dalam negeri seperti misalnya masker dan kacamata goggle medis.

"Semua APD yang dibutuhkan itu kayak masker, goggle, Indonesia punya kekuatan untuk memproduksi sendiri," kata Sandiaga.

Baca juga: 170 ribu APD telah didistribusikan untuk penanganan COVID-19

Baca juga: Pabrik didorong percepat produksi APD untuk tenaga kesehatan

Baca juga: Sejumlah perusahaan terpanggil bantu pengadaan APD bagi tim medis

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020