Jakarta (ANTARA) - Pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah meminta perusahaan untuk sementara menghentikan kegiatan di kantor dan mulai bekerja dari rumah (work from home/WFH) untuk mengatasi penyebaran virus novel corona.

Google, berdasarkan hasil riset internal People Innovation Lab 2019, menemukan bekerja dari rumah sama efektifnya dengan bekerja di kantor, tapi prosesnya belum tentu mudah dan menyenangkan.

Google selama dua tahun meneliti 5.000 karyawan dari berbagai perusahaan untuk mengetahui tantangan apa saja yang muncul ketika bekerja dari rumah.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul adalah "apa saja yang harus saya tanyakan ketika bekerja dari rumah? Apa saja hal-hal penting yang harus sasa lakukan saat bekerja dari rumah?"

Berikut ini lima tips dari Google agar tetap profesional saat bekerja dari rumah:
 
Kiat tetap profesional saat WFH (ANTARA/HO)


1. Bicara dengan rekan kerja
Buat peluang agar bisa berkomunikasi ringan dengan rekan-rekan kerja seperti ketika berada di kantor. Pertimbangkan membuat grup mengobrol untuk menjawab pertanyaan seputar pekerjaan sampai berkirim pesan-pesan lucu.

Obrolan ringan juga bisa dilakukan saat rapat melalui panggilan video, video call, misalnya menanyakan kabar atau peristiwa yang baru saja terjadi.

Baca juga: Rekomendasi game ringan untuk usir bosan saat di rumah

Baca juga: Permainan papan yang asyik saat #dirumahsaja

Baca juga: Aneka kreasi permainan dari karet gelang

 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020