Jakarta (ANTARA) - Mencuci tangan, salah satu cara terampuh memperlambat penyebaran infeksi penyakit termasuk yang disebabkan COVID-19.

Namun, bagi mereka yang kulitnya kering atau mengalami sejumlah kondisi misalnya eksim atau psioriasis, mencuci tangan berlebihan justru bisa merusak kulit mereka.

Baca juga: Pakai "hand sanitizer" berlebihan justru berisiko terinfeksi corona

"Menggunakan hand sanitizer dan mencuci tangan berulang kali bisa menghilangkan protein dalam epidermis (lapisan paling atas kulit), mengganggu penghalang kulit dan munculah risiko infeksi," kata ahli dermatologi dari British Skin Foundation, Dr. Zainab Laftah.

Belum lagi sabun bisa menimbulkan dermatitis tangan yang gejalanya seperti kulit merah kering, bersisik, gatal, terutama di ruang jari dan pada buku-buku jari.

Lalu harus bagaimana?

Untuk menghindari hal ini, Laftah merekomendasikan penggunaan pelembap setelah mencuci tangan.

"Orang-orang dapat mengambil manfaat mencuci tangan dengan pelembap yang mengandung bahan antibakteri, misalnya, chlorhexidine atau benzalkonium chloride," kata dia seperti dilansir Medical News Today.

Namun, dia mencatat, sebuah penelitian baru-baru ini melaporkan hand sanitizer yang mengandung bahan-bahan biocidal kurang efektif dibandingkan yang berbasis alkohol dalam memberantas virus corona baru atau COVID-19.

Selain pelembap, penting juga mengeringkan tangan secara menyeluruh. Ini karena kuman bisa pindah lebih mudah pada tangan yang basah.

Secara keseluruhan, Laftah merekomendasikan salah satu dari dua pilihan untuk mereka yang kulitnya bermasalah: yakni mencuci tangan menggunakan sabun dengan pelembap dan air, lalu gunakan pelembap setelahnya.

Pilihan lainnya, menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol lalu lembapkan tangan. Jangan lakukan keduanya berbarengan karena pelembap bisa membahayakan sifat anti-mikroba pembersih tangan.

Dia menambahkan, pelembap bisa menjadi pengganti sabun dan tidak mengeringkan tangan; oleh karena itu, mereka yang memiliki kulit yang pecah-pecah mungkin merasa produk ini lebih menenangkan.

Di sisi lain, Dr. Adil Sheraz, konsultan dermatologis dan juru bicara British Skin Foundation, menjelaskan, jika pasien merasa perlu menggunakan alkohol atau gel pembersih, (ini dapat memperburuk eksim atau kondisi kulit), sebaiknya segera oleskan pelembap untuk meminimalkan iritasi kulit.


Baca juga: Cuci tangan, hal sepele untuk cegah virus corona

Baca juga: Yuk cuci tangan untuk hindari risiko virus corona

Baca juga: Cara cuci tangan yang baik menurut standar internasional

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020