Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton pada Jumat mengatakan hasil pemeriksaan kesehatan menunjukkan ia positif tertular jenis baru virus corona (COVID-19).

"Pagi ini saya bangun dengan demam dan tenggorokan nyeri. Saya langsung menghubungi Departemen Kesehatan Queensland dan langsung diperiksa untuk COVID-19. Saya diberi tahu oleh Departemen Kesehatan Queensland siang ini bahwa hasilnya positif," kata Dutton dalam pernyataan tertulis yang disiarkan oleh Kementerian Dalam Negeri.

"Saya merasa baik dan akan melaporkan perkembangan terkait kondisi kesehatan saya," ujar dia.

Sejauh ini, Australia telah melaporkan 156 pasien positif COVID-19, yang tiga di antaranya meninggal dunia karena penyakit mirip influenza itu. Otoritas setempat memperkirakan jumlah pasien akan bertambah dalam beberapa minggu mendatang jelang musim dingin, demikian dilaporkan Reuters.

Pada Kamis (12/3), pasangan suami istri selebritas Tom Hanks dan Rita Wilson juga menyatakan mereka terinfeksi COVID-19 saat menjalani syuting film di Australia.

WHO sendiri pada minggu ini menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Artinya, penyakit itu telah menyebar ke banyak negara/lintas benua dalam jumlah besar pada waktu yang cepat.

Data Worldometers, laman penyedia informasi statistik independen, menunjukkan per Jumat (13/3), pasien COVID-19 di dunia mencapai 134.918 dengan jumlah korban tewas sebanyak 4.989 dan pasien pulih 70.395 jiwa.

 
Baca juga: Grand Prix Australia resmi dibatalkan

Baca juga: Tom Hanks dan istri mengaku kena virus corona saat di Australia

Baca juga: Miley Cyrus batalkan konser amal di Australia karena virus corona



 

Cegah COVID-19, perlukah menghindari kegiatan CFD dan karantina mandiri?

Penerjemah: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020