Jakarta (ANTARA) - Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa robohnya indekos berlantai tiga di Jalan Bangka Barat IV RT 003/RW 07, Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2).

"Tidak ada korban jiwa, seluruh penghuni kosan selamat (lari) sebelum bangunan roboh," kata Ketua RT 003 Chotib Anwar saat ditemui di lokasi kejadian.

Chotib mengatakan  total ada 22 pintu (kamar) di indekos berlantai tiga tersebut. Lantai pertama terdapat enam lantai, lantai dua dan tiga masing-masing terdapat delapan lantai.

Dari 22 lantai tersebut hanya 19 pintu yang terisi. Tiga kamar di lantai tiga dalam keadaan kosong atau tidak berpenghuni.
"Total ada 20 jiwa yang menghuni tempat tersebut," kata Chotib.

Baca juga: Indekos tiga lantai yang roboh dibangun tanpa izin
Kondisi bangunan indekos yang roboh di Jalan Bangka Barat IV, RT 003/RW 07 Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Menurut Chotib, seluruh penghuni berhasil selamat setelah salah satu warga bernama Mbak Ita meneriaki pemilik indekos untuk segera turun karena bangunan mau roboh.

"Jadi jam 05.15 WIB itu, Mba Ita ini sedang berbenah mau jualan sayur. Dia yang pertama tau bangunan mau roboh, dia teriak agar seluruh penghuni keluar," kata Chotib.

Chotib mengatakan, setelah seluruh penghuni turun seketika bangunan ambruk dari lantai tiga ke lantai dua. Bangunan indekos tersebut juga menimpa tiga bangunan warga lainnya termasuk rumah Mbak Ita, si pedagang sayur.

Baca juga: Indekos lantai tiga roboh dipasang garis polisi
Tampak belakang kondisi bangunan indekos di Jalan Bangka Barat IV, Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan yang roboh, Sabtu (8/2/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Iyan (22), salah satu penghuni indekos mengaku sudah dua tahun tinggal di lantai dua kosan tersebut. Saat kejadian dirinya sedang tidur, tiba-tiba dibangunkan oleh warga yang meneriaki agar segera turun.

"Saya kaget, lari cuma pakai baju dan celana pendek, enggak sempet bawa apa-apa," kata Ian.

Iyan mengatakan tidak tahu ada tanda-tanda bangunan akan roboh karena setiap hari pulang malam.

Menurut dia, biaya sewa indekos di tempat tersebut cukup murah Rp650 ribu per bulan sudah termasuk air dan listrik. Selain murah. alasan lainnya karena dekat dengan lokasi kerjanya di kawasan Kuningan.

Baca juga: Indekos berlantai tiga roboh lukai seorang ibu
Reruntuhan material bangunan indekos tiga lantai yang roboh di Jalan Bangka Barat IV RT 003/RW 07, Kelurahan Pela Mampang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Iyan beruntung bisa selamat. Tetapi dia tidak sempat menyelamatkan harta benda seperti ponsel, dompet berisi surat-kendaraan, KTP, SIM dan uang, Macbook dan peralatan rumah tangga lainnya.

"Kalau dihitung-hitung total kerugian saya Rp15 juta, sampai sekarang belum tau kabarnya masih tertimbun," kata Iyan.

Kini seluruh korban ditampung sementara oleh pemilik indekos, Abdullah, di rumah kontrakan miliknya yang lain. Termasuk Iyan dan sejumlah penghuni indekos.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020