bagaimana kita bisa mengekspor sesuatu atau di luar dari kebiasaan bisnisnya BUMN
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir meminta Badan Usaha Milik Negara mengantisipasi dampak ekonomi Indonesia dari wabah virus corona.

"Bapak Erick Thohir meminta supaya BUMN-BUMN Indonesia mengantisipasi dampak ekonomi terhadap Indonesia karena wabah virus corona," ujar Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa.

Arya mencontohkan kunjungan wisatawan dari China yang berkurang akibat penghentian sementara penerbangan dari dan ke China, kemungkinan dapat mengurangi devisa Indonesia.

"Dengan demikian BUMN-BUMN diminta untuk mengantisipasi dengan pengembangan bisnis lainnya. Jadi bagaimana kita bisa mengekspor sesuatu atau di luar dari kebiasaan bisnisnya BUMN," katanya.

Baca juga: Pemerintah Indonesia larang impor hewan hidup dari China

Menurut Arya, hal ini perlu dilakukan supaya devisa Indonesia tidak mengalami pengurangan, dikarenakan dampak wabah virus corona terhadap sektor pariwisata.

Sebelumnya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan penundaan penerbangan langsung dari dan ke daratan Republik Rakyat China dimulai pada Rabu 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB.

Informasi penundaan penerbangan langsung dari dan ke daratan RRC sebelumnya telah disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam konferensi pers seusai rapat terbatas dengan Presiden di Pangkalan Udara TNI AU, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (2/2) petang.

Baca juga: Dampak ekonomi virus corona di China diyakini tak berlangsung lama

Selain itu, Presiden menyampaikan semua pendatang yang tiba dari daratan RRT dan sudah berada di sana selama 14 hari, untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia.

Kemudian kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di daratan RRT untuk sementara dihentikan.

Terakhir, pemerintah meminta warga negara Indonesia untuk sementara tidak melakukan perjalanan ke mainland China.

Baca juga: Jokowi minta kalkulasi dampak virus corona terkait ekonomi Indonesia
Baca juga: Kemenperin identifikasi dampak virus corona terhadap impor bahan baku


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020