diperkirakan selesai 29 Juli 2020
Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Karya (Persero) Tbk saat ini mengerjakan pembangunan Arena Aquatic Papua untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang progres pembangunannya mencapai 79 persen.

Nilai kontrak pembangunan Arena Aquatic Papua yang berlokasi di Kampung Harapan, Sentani, Jayapura, Papua ini mencapai Rp401 miliar.

"Pembangunan proyek ini dimulai 7 Desember 2018 dan diperkirakan selesai 29 Juli 2020 atau 600 hari kalender," kata Project Manager Arena Aquatic Papua Hapsak Panca Pamungkas, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pembangunan gelanggang olahraga Biak untuk PON 2020 capai 85 persen

Menurut Hapsak, pekerjaan yang dilaksanakan Waskita Karya meliputi struktur, arsitektur, mekanikal, elektrikal, elektronika, instalasi kolam, infrastruktur dan lanskap.

Di arena ini terdapat 3 kolam renang, mulai kolam loncat indah yang memiliki panjang 21 meter kemudian lebar 25 meter dan tinggi 5 meter. Selanjutnya terdapat kolam pemanasan yang memiliki panjang 50 meter, lebar 21 meter dan tinggi 1 hingga 2 meter. Kolam ketiga, adalah kolam utama yang memiliki panjang 51,23 meter, lebar 25 meter dan tinggi 3 meter.

“Pembangunan Arena Aquatic Papua ini juga menggunakan teknologi Building Information Modeling (BIM). Mulai dari arsitekturnya lalu struktur, MEP sampai landscape,” ucap Bapak Hapsak.

Baca juga: Pembangunan venue PON 2020 serap dana APBD Papua sebesar 2,4 T

Penggunaan BIM tidak hanya sebatas menggambar untuk kebutuhan lapangan saja, namun tim proyek pun mengoptimalkan BIM untuk memenuhi standar internasional dalam FINA (International Swimming Federation).

FINA memiliki banyak peraturan mulai dari struktur kolam (panjang, lebar, tinggi tiap kolam), peraturan fasilitas kolam hingga peraturan suhu air dan pencahayaan permukaan kolam saat bertanding.

Dengan demikian rencana dalam pembangunan Arena Aquatic ini akan sangat diperhitungkan dan harus presisi untuk mencapai sertifikasi secara internasional.

Baca juga: Pembangunan tiga venue untuk PON 2020 tunggu Inpres
Baca juga: Disorda klaim pembangunan Stadion Papua Bangkit capai 97 persen

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020