Good Corporate governance itu adalah salah satu yang kita akan pastikan berjalan di Garuda Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama baru Garuda Indonesia Irfan Setiaputra akan memastikan tata kelola korporasi yang baik atau good corporate governance (GCG) berjalan di maskapai pelat merah tersebut.

"Good Corporate governance itu adalah salah satu yang kita akan pastikan berjalan di Garuda Indonesia," ujar Irfan Setiaputra di Jakarta, Kamis.

Irfan mengatakan bahwa beberapa perbaikan yang akan dilakukan oleh organisasi akan dilakukan, tetapi juga untuk memastikan itu terjadi dewan direksi juga sudah sepakat dengan dewan komisaris bahwa proses ini harus dilakukan dengan benar secara internal.

Baca juga: Dirut Garuda Indonesia tolak kartel di industri penerbangan

Selain itu, kata dia, Garuda Indonesia mesti melibatkan pihak-pihak luar untuk memastikan penegakan GCG ini diawasi. Garuda selama ini sudah menggunakan auditor yang termasuk lembaga audit Big Four yang sangat tepat dan saat ini proses audit terhadap penegakan GCG tersebut tengah berlangsung.

"Kita juga siap apabila ditemukan hal-hal yang perlu dikoreksi, dengan segala hormat kita akan menegakkan GCG dengan sebaik-baiknya dan itu merupakan amanah dari bapak Menteri BUMN," kata Irfan dalam konferensi pers.

Baca juga: Dirut Irfan Setiaputra: Menteri BUMN ingin Garuda lebih profit

Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Maju Erick Thohir menegaskan bahwa tata kelola korporasi yang bersih dan baik atau good corporate governance (GCG) di BUMN harus betul-betul diimplementasikan bukan hanya sebuah "lip services".

Dia menegaskan bahwa dirinya tidak mau yang namanya good corporate governance di BUMN hanya menjadi sebuah lip services.

Menurut Erick, sudah banyak sekali hal-hal yang terjadi yang menurutnya kurang baik bagi citra BUMN, tanpa menyalahkan siapa pun.

Menteri BUMN tersebut juga menekankan kunci keberhasilan BUMN menarik investor asing adalah pemenuhan tata kelola korporasi yang baik dan bersih atau good corporate governance (GCG).

Baca juga: Irfan Setiaputra "pilot baru" Garuda Indonesia
Baca juga: Erick Thohir minta Irfan bawa Garuda Indonesia terbang lebih tinggi


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020