Jakarta (ANTARA) - Xavi Hernandez mengaku bahwa ia menolak tawaran dari mantan klubnya untuk menggantikan Ernesto Valverde sebagai pelatih sebelum Barcelona menunjuk Quique Setien.

Xavi mengatakan bahwa masih "terlalu cepat" baginya untuk menerima posisi impiannya tersebut. Valverde dipecat setelah kekalahan 2-3 dari Atletico Madrid di semifinal perdana Piala Super Spanyol bulan ini.

Baca juga: Quique Setien: Saya cinta DNA Barca

Xavi masuk dalam daftar kandidat yang diajukan ke dewan Barca sebelum mantan pelatih Real Betis Setien ditunjuk dengan kontrak berdurasi dua setengah tahun. Namun, gelandang juara Piala Dunia tersebut kemungkinan akan menukangi Barcelona cepat atau lambat.

Xavi, yang saat ini melatih klub Qatar Al-Sadd, telah mengonfirmasi bahwa ia telah mendapatkan penawaran resmi oleh direktur teknis Eric Abidal dan CEO Oscar Grau tentang posisi pelatih di Barcelona, tetapi ia menolaknya karena merasa perlu memiliki lebih banyak pengalaman sebelum kembali ke Katalunya.

Baca juga: Nasib Xavi tidak pasti setelah Setien latih Barcelona

"Ya, saya menerima tawaran dari Barcelona dari Eric Abidal dan Oscar Grau, tetapi saya tidak menerimanya," katanya kepada wartawan yang dikutip Goal pada Kamis (16/1).

"Masih terlalu dini untuk melatih Barcelona, tetapi itu akan terus menjadi impian saya di masa depan."

Xavi mengatakan bahwa ia sudah tiga kali bertemu dengan Abidal dan Grau di Doha akhir pekan lalu, serta mengakui ketidakpastian masa depan membuatnya sulit untuk fokus dengan pekerjaannya di Al-Sadd.

Baca juga: Akan gantikan Valverde, Xavi akui sudah lakukan pertemuan dengan Barca

Baca juga: Xavi disebut-sebut bakal gantikan Valverde


Namun, mantan pemain timnas Spanyol itu menegaskan ia sekarang sepenuhnya dapat fokus menjelang final Piala Qatar pada Jumat melawan Al Duhail.

"Saya memberi tahu keluarga saya terlebih dahulu dan kemudian para pemain Al-Sadd karena mereka mengikuti topik ini," katanya ketika ditanya siapa yang pertama kali mengetahui bahwa ia telah menolak tawaran Barca.

"Saya tidak dalam posisi terbaik saya selama tiga hari, tetapi saya sekarang benar-benar fokus pada Al-Sadd."

Presiden klub Josep Maria Bartomeu mengklaim bahwa ia tidak ragu bahwa Xavi akan kembali untuk melatih Barca suatu hari nanti.

“Xavi akan menjadi pelatih Barca suatu hari, saya tidak ragu. Ia memiliki kemampuan, ia orang yang sangat memahami sepak bola kita, ia sangat ingin melakukannya dan suatu hari ia akan melakukannya.”

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020