Jakarta (ANTARA) - Napoli dan Lazio menghabisi sisa tim Serie B yang berlaga di Coppa Italia, setelah masing-masing menyingkirkan Perugia dan Cremonese dari babak 16 besar.

Napoli yang menjamu Perugia di Stadion San Paolo menang 2-0 atas tamunya berkat dua gol tendangan penalti Lorenzo Insigne pada Selasa malam, demikian catatan laman resmi Lega Calcio.

Baca juga: Udinese, SPAL lolos ke 16 besar, Sassuolo disingkirkan tim kasta kedua

Setelah banyak peluang digagalkan oleh barisan pertahanan Perugia, Napoli mendapatkan hadiah tendangan penalti menyusul pelanggaran Mardochee Nzita terhadap Hirving Lozano di dalam area terlarang.

Insigne mengkonversinya demi melesakkan bola ke pojok kiri gawang untuk membuka keunggulan Napoli pada menit ke-26.

Tak sampai 10 menit kemudian, tuan rumah kembali memperoleh tendangan 12 pas dari wasit Luca Massimi seusai tinjauan VAR yang mengkonfirmasi pelanggaran Pietro Iemmello menghalau bola dengan tangannya di dalam kotak penalti.

Insigne kembali menghadapi bola dan kali ini mengarahkan tendangannya ke pojok kanan bawah gawang demi menggandakan keunggulan Napoli.

Pada menit kedua injury time babak pertama, giliran Perugia yang memperoleh hadiah tendangan penalti dari VAR menyusul pelanggaran handball Elseid Hysaj, tetapi eksekusi Iemmello mampu digagalkan oleh kiper David Ospina.

Baca juga: Torino singkirkan Genoa dari Piala Italia lewat adu penalti

Skor 2-0 bertahan hingga laga usai membuat Napoli menyusul Torino yang sudah lebih dulu melangkah ke perempat final dengan mengalahkan Genoa lewat adu penalti sehari sebelumnya.
Gelandang Lazio Marco Parolo (kanan) berduel memperebutkan bola udara dengan bek Cremonese Antonio Caracciolo (kiri) dalam laga 16 besar Coppa Italia di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Selasa (14/1/2020). (ANTARA/Twitter@OfficialSSLazio)


Lazio melenggang lewati Cremonese

Dalam laga lain yang berlangsung lebih larut di Stadion Olimpico, Roma, pada Rabu dini hari WIB, Lazio melenggang mulus melewati tim Serie B Cremonese dengan skor telak 4-0.

Laga baru berjalan 10 menit ketika Patric menjebol gawang tim tamu dari tengah kotak penalti untuk membawa Lazio unggul, sebelum digandakan oleh sontekan jarak dekat Marco Parolo memanfaatkan umpan kiriman Jony Rodriguez pada menit ke-26.

Lazio kian melesat ketika Ciro Immobile mengkonversi tendangan penalti pada menit ke-58 setelah Antonio Caracciolo melanggar Bastos.

Bastos kemudian melengkapi kemenangan Lazio menjadi 4-0 semenit jelang bubaran waktu normal lewat tandukkannya menyambut umpan tendangan bebas Jony.

Tumbangnya Perugia dan Cremonese memastikan babak perempat final hanya akan diikuti oleh tim-tim Liga Italia Serie A, mengingat lima laga 16 besar yang belum dilangsungkan mempertemukan klub-klub strata tertinggi.

Baca juga: Fiorentina lewati Citadella, tantang Atalanta di 16 besar Coppa Italia

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2020